28.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Alhamdulillah, Naik Haji dan Umrah Tak Perlu Tes Covid & Karantina lagi

JAKARTA| ACEH INFO – Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan pelonggaran protokol kesehatan dalam penanganan COVID-19. Lewat kebijakan terbarunya, Jamaah haji tak perlu lagi menjalani tes Covid dan menjalani karantina.

Saudi Gazette, melaporkan, negara itu kini juga tak mewajibkan penggunaan masker di luar ruangan. Itu juga berlaku di dua masjid suci, yakni Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Meski begitu, para jemaah tetap diwajibkan menggunakan masker saat berada di dalam ruangan masjid.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, keputusan itu berlaku mulai berlaku mulai Sabtu 5 Maret. Keputusan ini juga berarti mencabut aturan menjaga jarak di semua tempat di Arab Saudi, baik acara tertutup maupun terbuka.

Dirjen Haji dan Umrah Kemenag, Prof. Hilman Latief, meminta BNPB dan Kemenkes untuk segera menindaklanjuti kebijakan ini agar ibadah umrah umat muslim Indonesia menjadi lebih baik dan nyaman.

“Menurut saya, BNPB, Kemenkes yang harus lebih kelihatan kebijakannya dalam merespons isu ini daripada Kemenag karena kalau Kemenag itu lebih kepada persiapan apa yang harus kita lakukan,” ujar Hilman, seperti dikutip AcehInfo dari Kumparan, Minggu (6/3).

Dia mengharapkan pemerintah Indonesia segera menyelaraskan kebijakan agar para jemaah umrah Indonesia dapat berangkat tanpa ada kendala.

“Ini saya kira harus dikompromikan karena teman-teman yang berangkat ke sana sudah tidak dipersyaratkan lagi ada cek PCR bahkan gitu ya. Jadi ini nanti harus ada satu kebijakan yang yang mutual recognition jangan sampai di sananya tidak perlu karantina di kita dipaksa karantina atau maksud saya jangan sampai di sana tidak dibutuhkan PCR di kita harus PCR untuk berangkatnya dan lain-lain,” sebutnya. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS