29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Antisipasi Hoax, FEBI IAIN Langsa Selenggarakan Sekolah Kebangsaan

LANGSA | ACEH INFO – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, menggelar pengabdian masyarakat melalui program sekolah kebangsaa untuk mahasiswa dan pemilih pemula. Rabu, 8 November 2023.

Sekolah kebangsaan itu untuk mengantisipasi Hoax bagi pemilih pemula Pemilu 2024.

Program sekolah itu terwujud atas kerjasama FEBI IAIN Langsa dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dab Love Frankie yang didukung oleh Internasional Google.org .

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Langsa yang sekaligus PIC Program Sekolah Kebangsaan, Zubir, menyampaikan bahwa sekolah kebangsaan ini bertujuan untuk mengajarkan pendidikan tentang hoax bagi pemilih pemula yaitu dengan penginderaan hoax untuk Pemilu.

Pendidikan ini juga mengajarkan tentang pendidikan politik untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Anak muda menjadi pemilih yang akan menjamin bagaimana bangsa kedepanya. Pendidikan anti hoax, melalui sekolah kebangsaan memberikan pengetahuan tentang kebenaran informasi secara tepat, benar, ragu-ragu dan salah.

“Pemilih pemula, sebagai mahasiswa jangan sampai terpengaruh dengan informasi yang belum tentu kebanarnya dan kita harapkan juga bagaimana praktik politik itu dapat dilaksanakan dengan benar,” ujarnya.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Langsa, Bahtiar, menyampaikan terima kasih kepada pihak FEBI atas diselenggarakannya sekolah kebangsaan ini.

Hal ini sangat membantu KIP Langsa dalam memberikan edukasi politik bagi pemilih pemula pada 2024 nanti.

Menurut Bahtiar mempersipaakan generasi alpha untuk menangkal hoax adalah langkah yang sangat baik bagi generasi muda saat ini. Produk berita bohong, kalau belum berbentuk berita belum disebut sebagai hoax. Berita bohong itu harus berbentuk berita dari berbegai media.

Apabila ditemukannya pelaku penyebaran berita hoax maka berlaku delik hukuman bagi pelakunya. Ia berpesan kepada masiswa selaku generasi alpha jangan diperbudak oleh tehnonolgi dan jangan terpancing dengan informasi-informasi bohong.

Rektor IAIN Langsa, yang diwakilkan oleh Prof Iskandar, menyambut baik sekolah kebangsaan sebagai pengindraan hoax untuk Pemilu.

Dirinya mengharapkan dengan adanya pendidikan anti hoax ini pemilih pemula khusunya mahasiswa semester awal dapat memfilter dan memilah informasi yang mana yang benar dan mana yang masih bersifat keragu-raguan bahkan tidak benar.

“Selamat menjalankan program ini dan semoga bermanfaat bagi mahasiswa sekalian,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS