30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Antisipasi Penyelundupan, Aparat Gabungan Patroli Wilayah Laut Aceh Timur

IDI RAYEUK | ACEH INFO – Kabupaten Aceh Timur memiliki perairan yang cukup panjang dan sangat luas. Wilayah ini menjadi tempat bagi mereka mencarikan ikan hingga perdagangan laut yang berizin tentunya.

Tidak bisa dipungkiri, laut Aceh dan khususnya Aceh Timur juga menjadi peluang empuk bagi mereka yang melakukan perdagangan atau transaksi ilegal. Semisal bagi sekelompok kriminal pedagang sabu atau barang terlarang lainnya. Rawannya wilayah laut tersebut belakangan terungkap pada konferensi pers di Mapolda Aceh, Selasa, 8 Maret 2022.

Dalam keterangannya, Kapolda Irjen Ahmad Haydar menyebutkan polisi berhasil mengungkap peredaran narkoba jaringan Internasional Aceh-Malaysia di kawasan Jambo Aye, Aceh Utara. Dalam pengungkapan tersebut, sebanyak 189 Kg narkotika jenis sabu dan 38.850 butir ekstasi berhasil diamankan Polda Aceh.

Pengungkapan kasus ini dilakukan polisi yang bekerja sama dengan Bea Cukai Aceh, Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Ditpolairud Polda Aceh dan Polres Aceh Utara.

Ratusan kilogram sabu dan puluhan ribu butir estasi itu terlacak pertama kali dari kawasan Kecamatan Jambo Aye, Aceh Utara, yang tempatnya itu berbatasan dengan Aceh Timur.

Guna mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi di wilayah Aceh Timur, maka Kepolisian Resor Aceh Timur cukup aktif membina dan menjaga keamanan lautnya. Salah satunya melalui program “Patroli Laut”. Kegiatan patroli ini digelar secara rutin dan berkala.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K dikonfirmasi wartawan saat setelah melakukan patroli mengatakan, patroli pada dasarnya bertujuan untuk memberikan rasa aman khususnya kepada para nelayan yang banyak beraktivitas di laut. Di samping itu, patroli tersebut digelar dalam rangka menjaga keamanan dan mengantisipasi kemungkinan kejahatan laut seperti pencurian sumberdaya alam, penyeludupan hingga human trafficking atau perdagangan manusia.

“Wilayah perairan memiliki kerawanan tersendiri. Oleh sebab itu metode pengamanan yang diterapkan pun juga berbeda. Dalam pelaksanaannya, Polres Aceh Timur yang dalam hal ini Satpolairud bekerjasama dan bersinergi bersama Pos TNI AL Idi, termasuk juga panglima laot dan para nelayan. Dengan patroli, setiap kejadian sekecil apapun akan mudah terpantau dan bisa dilakukan penanganan secara cepat dan tepat,” kata Kapolres, Senin, 7 Maret 2022.

Petugas melakukan patroli menggunakan kapal C3 milik Satpolairud Polres Aceh Timur. Kapolres didampingi Kasatpolairud AKP Zainurrusydi bergerak dari dermaga sandar Satpolairud pelabuhan PPI Kuala Idi menuju ke arah Paya Dua Peudawa.

Patroli hari itu dilakukan di seputaran perairan Paya Dua Peudawa, dimana banyak kapal nelayan yang  melakukan aktivitas. Petugas memantau keamanan dan juga menyampaikan imbauan untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di masa pandemi Covid-19. “

“Alhamdulillah, sampai saat ini kondisi perairan wilayah hukum Polres Aceh Timur dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K.[]

WARTAWAN: ZAKARIA

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS