27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Banjir Bandang Terjang Aceh Tenggara, Sejumlah Rumah Warga Rusak

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan akibat banjir bandang yang menerjang wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis, 14 April 2022 sekitar pukul 19.58 WIB.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), sebanyak 37 unit rumah warga di Desa Lawe Beringin Gayo, Kecamatan Semadam, mengalami kerusakan berat atau hancur. Selain itu, 11 rumah rusak sedang dan 33 lainnya rusak ringan di desa yang sama.

Sementara sebanyak 11 rumah warga terendam lumpur di Desa Lawe Mejile Kecamatan Semadam.

Bukan hanya itu saja, Kantor Kepala Desa Lawe Beringin dan SD MIN 8 Aceh Tenggara Desa Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam juga ikut terdampak, serta satu balai pengajian juga hancur.

Lima unit jembatan jalan lintas Kutacane-Medan bahkan terdampak dan satu diantaranya putus, begitu juga dengan Jalan lintas Kutacane-Medan terdampak banjir bandang kurang lebih sepanjang 200 meter.

Sebelumnya diberitakan, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan lima kecamatan di wilayah Aceh Tenggara dilanda banjir bandang, Kamis (14/4/2022) sekitar pukul 19.58 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Nazmi mengatakan, akibat intensitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air di Sunga Lawe Kinga, Sungai Pasir Puntung dan Sungai Kayu Mbelin meluap.

“Bahkan tanggul Sungai Lawe Kinga juga jebol dan yang terdampak akibat kayu yang dibawa arus sehingga mengakibatkan banjir ke pemukiman warga,” kata Nazmi, Jumat, 15 April 2022, ketika dihubungi melalui telepon seluler.[]

WARTAWAN: AGAM

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS