27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Banjir Landa Empat Kecamatan di Aceh Tenggara

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Empat kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara diterjang banjir pada Sabtu, 14 Mei 2022, sekitar pukul 21.31 WIB. Sejumlah fasilitas publik menjadi rusak.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengatakan, banjir tersebut melanda Kecamatan Bambel, yang berdampak pada Desa Lawe Hijo, Kuning 1, Kuning 2 dan Desa Pinding.

Begitu juga di Kecamatan Semadam, berdampak terhadap Desa Pasir Puntung, Kecamatan Babul Makmur, Desa Lawe Loning dan Kecamatan Bukit Tusam, berdampak terhadap Desa Lawe Dua dan Desa Sebudi Jaya.

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tenggara tersebut diakibatkan curah hujan tinggi, sehingga menyebabkan debit Sungai Lawe Kinga naik dan meluap. Akibatnya tanggul Sungai Lawe Kinga dan sungai Lawe Pasar Puntung menjadi jebol.

Selain itu, banjir juga menggenangi Jalan Nasional Kutacane-Medan di Desa Kuning 1 dengan ketinggian air mencapai 90 sentimeter. Selanjutnya jembatan Pasir Puntung Kecamatan Semadam ikut tersumbat.

Pada 14 April 2022 lalu, wilayah Aceh Tenggara juga sempat dilanda banjir bandang, hingga pemerintah kabupaten itu menetapkan status tanggap darurat hingga 28 April 2022.

Kepala Badan Penanggulangan Nasional Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara, Nazmi mengatakan, banjir bandang yang melanda wilayah itu telah berdampak terhadap lima kecamatan.

“Akibat dari bajir bandang itu, maka ditetapkanlah status tanggap darurat, serta pembentukan satuan tugas penanganan banjir bandang tersebut,” tutur Nazmi ketika dihubungi melalui telepon seluler, Senin, 25 April 2022.[]

PEWARTA: MUHAMMAD AGAM KHALILULLAH
EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS