27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Bea Cukai Langsa Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp 4 Miliar Lebih

LANGSA | ACEH INFO – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Langsa, memusnahkan sebanhak 180 karton rokok ilegal atau 2.311.048 batang rokok ilegal.

Diperkirakan barang milik negara (BMN) itu senilai Rp 4.559.839.880, Kamis, 23 November 2023, di halaman kantor setempat

Pemusnahan ini sebagai bentuk tindak lanjut atas kegiatan-kegiatan penindakan terhadap pelanggaran di bidang cukai. Berdasarkan Surat Menteri Keuangan nomor S-325/MK.6/KN.4/2023 tanggal 16 November 2023 hal Persetujuan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Langsa.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Langsa, Sulaiman, menyampaikan,
BMN yang dimusnahkan berupa rokok ilegal tersebut merupakan barang bukti hasil penindakan dari kegiatan operasi pasar dan operasi penindakan oleh unit Penindakan dan Penyidikan (P2) Kantor Bea Cukai Langsa, sepanjang Juli tahun 2021 hingga November tahun 2022.

Prosedur pemusnahan BMN dilakukan dengan cara dipotong kemudian dibakar guna untuk menghilangkan fungsi utamanya, lalu diakhiri dengan ditimbun menggunakan tanah.

“Dalam operasi penindakan tersebut berhasil diamankan sebanyak 180 karton rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai atau polos, satu unit mobil truk dan dua orang pelaku,” terang Sulaiman.

Kemudian, diperkirakan total potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sekitar Rp1.694.103.180,00.”Saat ini kasus tersebut sedang dalam tahap proses penyidikan,” terangnya.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang baik antara Bea Cukai dengan instansi penegak hukum lainnya dan media masa. Serta dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membantu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melaksanakan tugas dan
fungsinya,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS