27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

BPBA: Jalan Lintas Nasional Medan-Kutacane Masih Putus

KUTACANE | ACEH INFO – Banjir bandang yang melanda sejumlah desa di lima kecamatan Aceh Tenggara berdampak luas. Bencana alam banjir bandang di pertengahan Ramadan ini tak hanya merendam dan merusak rumah warga, tetapi juga membuat ruas jalan nasional putus.

“Kondisi terakhir, lalu lintas nasional Kutacane-Medan belum bisa dilalui sampai pemasangan jembatan darurat selesai,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, Minggu, 17 April 2022.

Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, sejumah desa di lima kecamatan di Aceh Tenggara diamuk banjir bandang pada Kamis, 14 April 2022 kemarin. Banjir susulan bahkan dilaporkan terjadi pada Minggu pagi, 17 April 2022.

Adapun desa-desa yang terdampak bencana banjir bandang tersebut, yaitu Desa Pinding, Desa Kuning I, Desa Lawe Hijo Induk, Desa Lawe Hijo Ampera dan Desa Lawe Hijo Metuah di Kecamatan Bambel. Selanjutnya Desa Pasar Puntung, Desa Kampung Baru, Desa Lawe Beringin, Desa Simpang, Desa Lawe Mejile, dan Desa Suka Makmur di Kecamatan Semadam juga terdampak banjir bandang.

Bpba: Jalan Lintas Nasional Medan-Kutacane Masih Putus
Foto: bpba

Di Kecamatan Lawe Sigala-gala hanya Desa Kayu Mbelin yang terdampak banjir bandang.

Sementara di Kecamatan Lawe Sumur terdapat empat desa yang diamuk banjir, seperti Desa Buah Pala, Desa Teger Miko, Desa Kuta Lesung, dan Desa Setia Baru.

Selanjutnya Desa Sejahtera Baru di Kecamatan Babul Makmur juga dilaporkan mengalami hal serupa.

Bencana banjir di bulan Ramadan ini dipicu oleh hujan deras yang mengakibatkan debit air Sungai Lawe Kinga, Sungai Pasir Puntung, dan Sungai Kayu Mebelin meluap. Banjir turut membuat tanggul Sungai Lawe Kinga jebol dan menyumbat jembatan di sejumlah kecamatan yang terdampak.

Banjir tersebut juga berdampak pada Pondok Pesantren Nurul Islam serta membuat ruas jalan nasional tertutup material lumpur.

Dari data BPBA diketahui sejumlah jalan nasional yang masih terendam lumpur adalah Jalan Nasional Desa Pasir Puntung Kecamatan Semadam, Jalan Nasional di Desa Lawe Beringin Kecamatan Semadam, dan Jalan Nasional di Desa Kayu Mbelin Kecamatan Lawe Sigala-gala.

Banjir juga membuat jembatan di Desa Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam putus. Selanjutnya Masjid An Nur di Desa Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam terendam lumpur, begitu pula dengan SD MIN 8 Aceh Tenggara.

“Jalan lintas Kutacane-Medan terdampak banjir bandang kurang lebih sepanjang 200 meter,” ujar Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas, Minggu, 17 April 2022.

Sejumlah pengungsi saat ini dievakuasi ke rumah kerabat yang selamat dari terjangan banjir bandang.

Sementara BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, katanya, masih terus melakukan koordinasi untuk penanganan banjir. Pihak BPBD bahkan ikut menurunkan dua alat berat excavator untuk membersihkan material lumpur. Proses itu turut dibantu oleh BPJN 1 Aceh yang ikut menurunkan empat dump truck guna pembersihan material lumpur dan kayu.

Selain itu, BPBD Aceh Tenggara juga mengerahkan satu unit armada water supply untuk menyalurkan air bersih ke Desa Beringin Gayo, Kecamatan Semadam. Pihak BPBD juga telah mendirikan tenda pengungsi di desa tersebut.

Selanjutnya, BPBD Aceh Tenggara juga mengerahkan excavator ke daerah Kuta Lesung Kecamatan Lawe Sumur. Alat berat itu ditugaskan untuk menutup tanggul sungai yang jebol akibat banjir.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS