27.3 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

BPJS Kesehatan Cabang Langsa Pastikan Kesiapan Rumah Sakit Tingkatkan Mutu Layanan

LANGSA | ACEH INFO – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan Cabang Langsa melakukan kunjungan langsung ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKTRL).

Kunjungan itu untuk memastikan seluruh rumah sakit yang telah bekerja sama terus berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta memastikan peserta mendapatkan layanan sesuai hak serta tidak ada diskriminasi layanan.

Kunjungan kali ini dilakukan di Rumah Sakit Umum (RSU) Cut Meutia Kota Langsa guna memastikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta JKN.

PPS Kepala BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Rina Afrida mengatakan peningkatan mutu layanan merupakan salah satu fokus utama BPJS Kesehatan.

Komitmen fasilitas kesehatan dalam pemenuhan sarana dan prasarana sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan akan ditinjau secara langsung. BPJS Kesehatan akan melihat proses antrean online, info ketersediaan tempat tidur, alur pelayanan, layanan penanganan pengaduan, pemberian informasi serta hinga memastikan peserta dapat dilayani hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Tantangan kita ke depan adalah transformasi mutu layanan berbasis digital kepada peserta JKN yang telah menjadi sebuah keharusan,” ujar Rina, Kamis, 2 Februari 2023.

Transformasi mutu layanan ini juga dilakukan dengan memberikan kepastian dan kemudahan layanan administrasi kepada peserta seperti tidak dibebankan lagi membawa foto copy KK/KTP untuk dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Kemudian, bagi peserta JKN yang belum memiliki KTP tetap bisa mengakses layanan kesehatan dengan menunjukkan NIK yang tercantum di KK, maupun menujukan KIS Digital pada Aplikasi Mobile JKN.

Dalam kegiatan tersebut, Rina juga menyebutkan BPJS Kesehatan memiliki petugas BPJS Satu (Siap Membantu) yang senantiasa membantu peserta JKN bila membutuhkan informasi atau hendak melakukan pengaduan di rumah sakit. Pengaduan dari peserta JKN juga menjadi upaya untuk memperbaiki mutu layanan JKN.

“Agar manajemen rumah sakit dapat memaksimalkan pemanfaatan antrean online BPJS Kesehatan juga, kami akan terus berusaha membuat proses layanan semakin baik agar peserta dan stakeholder menjadi lebih mudah,‚ÄĚtutur Rina.

Menanggapi hal tersebut, Kepala RSU Cut Meutia Kota Langsa, Redha Dian Akbar menyampaikan, akan senatiasa mengikuti aturan yang diberlakukan terkait dengan Program JKN. Dirinya menyambut baik kunjungan BPJS Kesehatan ini, serta memanfaatkannya untuk berdiskusi dan berbagi pendapat mengenai upaya peningkatan kualitas pelayanan.

“Saya selaku pimpinan RSU Cut Meutia Kota Langsa mengucapkan terima kasih atas hubungan kemitraan yang telah terbina hingga saat ini. Dengan adanya kunjungan seperti ini kami menjadi lebih bersemangat dan seperti diberikan perhatian lebih oleh BPJS Kesehatan,” ucapnya.

Lanjutnya, adanya inovasi untuk pelayanan peserta di rumah sakit, memberikan suatu kemudahan bagi peserta JKN dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. kami juga mendukung penuh untuk pelayanan kepada peserta yang saat ini sudah bisa dilayani hanya dengan menunjukan KTP.

Menurutnya, kebijakan penggunaan NIK sebagai nomor identitas peserta JKN, memberikan dampak positif kepada peserta karena tidak perlu lagi membawa foto copy/berkas-berkas untuk melengkapi administrasi. Pihaknya juga berkomitmen akan selalu siap untuk melayani masyarakat dengan sepenuh hati demi meningkatkan mutu layanan.

“Kami juga berharap dengan adanya inovasi BPJS Kesehatan ini, pelayanan kesehatan yang kami berikan menjadi semakin mudah dan praktis,” ungkapnya.

Untuk upaya pemaksimalan pengunaan antrean online akan kami usahakan. Jika menemukan suatu kendala, kami akan melakukan koordinasi lagi dengan pihak BPJS Kesehatan, hal ini sangat penting dilaksanakan agar komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi terus berjalan dengan baik demi kepentingan peserta JKN,” tutup Redha.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI