26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

BPJS Satu Mudahkan Peserta JKN di Rumah Sakit

LANGSA | ACEH INFO – Layanan BPJS SATU (Siap Membantu) senantiasa berupaya memberikan kemudahan, kepastian, kecepatan layanan dalam pemberian informasi dan penanganan keluhan seputar JKN bagi masyarakat yang sedang mengakses layanan di rumah sakit.

Program tersebut merupakan program yang mengoptimalkan petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan di Rumah Sakit (PIPP RS) yang bertugas di rumah sakit dalam memastikan kualitas layanan tanpa diskriminasi.

Kali ini, petugas BPJS SATU dari BPJS Kesehatan Cabang Langsa mengunjungi pasien JKN di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Langsa, Senin, 6 Maret 2023.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Doni Faisal Tanjung, menyampaikan kegiatan BPJS Satu ini dilakukan rutin setiap harinya. Jika peserta mengalami kendala atau kesulitan, agar tidak ragu menyampaikan serta meminta bantuan kepada petugas BPJS SATU dirumah sakit.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dilakukan monitoring dan evaluasi atas pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit kepada peserta, serta memantau alur pelayanan bagi peserta JKN yang sedang rawat inap maupun rawat jalan.

Lanjutnya, melalui BPJS SATU ini, BPJS Kesehatan akan lebih proaktif melakukan koordinasi dengan setiap petugas rumah sakit dalam pelayanan informasi dan penanganan pengaduan peserta. Setiap harinya, petugas juga akan melakukan Customer Visit kepada peserta yang membutuhkan informasi dan melakukan pengaduan serta menyelesaikan permasalahan peserta sampai tuntas.

Selain itu, petugas BPJS SATU juga bisa dihubungi melalui media komunikasi seperti telefon dengan nomor yang telah terpajang pada poster PIPP di rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Ini merupakan salah satu bentuk upaya maksimal dalam melayani peserta yang membutuhkan bantuan dan solusi atas masalah yang dialami.

Doni menambahkan, petugas BPJS SATU tidak selalu menunggu untuk dihampiri oleh peserta, mereka akan selalu berinisiatif untuk menanyakan dan menghampiri terlebih dahulu peserta JKN walapun hanya untuk sekedar menanyakan apakah mengalami kesulitan maupun membutuhkan informasi terkait BPJS Kesehatan.

“Sebisa mungkin akan selalu berupaya membantu menyelesaikan segala keluhan yang dirasakan oleh peserta di rumah sakit. Tetapi, jika permasalahannya berhubungan dengan unit lain, maka tentu akan perlu kami koordinasikan terlebih dahulu ke unit-unit terkait supaya langkah antisipasi maupun solusinya bisa segera kita berikan kepada peserta JKN yang mengalami kendala,” ujar Doni.

Salah seorang peserta JKN yang sedang menemani anaknya menjalani rawat inap di rumah sakit, Ida Wahyuni, mengakui dirinya merasa senang saat dikunjungi oleh petugas BPJS SATU di RSUD Kota Langsa.

Ia mengatakan informasi seputar program JKN saat ini sangat mudah untuk didapatkan, apalagi dapat diperoleh secara langsung dari Petugas BPJS SATU.

“Senang sekali saya dengan pelayanan yang didapatkan, sangat oke. Saya tidak merasa dipersulit, seperti membawa berkas atau foto copy sebagai syarat untuk dilayani. Anak saya sudah menjadi langganan masuk rumah sakit ini dari tahun 2022, karena menderita sakit epilepsi, tahun ini saja sudah 4 kali masuk rumah sakit,” terangnya.

Hal itu, membuat dirinya merasakan alur pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sekarang lebih dipermudah. Ketika anak saya masuk kemaren saja, cukup menunjukan Kartu Identitas Anak (KIA).

Pada kesempatan itu, Ida mengapresiasi salah satu inovasi yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan ini, menurutnya peserta menjadi lebih mudah mengakses informasi terkait pelayanan JKN.

“Pemberian informasi seperti ini sangat bagus, kita tidak perlu merasa kebingungan jika ada hal-hal yang belum paham terhadap program JKN. Apalagi, petugasnya bisa ditelfon, jadi lebih mudah untuk bertanya” tutup Ida.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS