26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Chef Renatta Penasaran Pengen Cicipi Memek Aceh

JAKARTA | ACEH INFO- Kuliner Aceh semakin tersohor saja. Tidak hanya masyarakat biasa, banyak pesohor tanah air yang tertarik mencicipinya.

Misalnya Chef Renatta Moeloek, yang penasaran dengan Memek Aceh. Itu diketahui setelah Renatta mendapat pertanyaan dari pemilik akun twitter @R_Perkasa, mengenai makanan nusantara yang belum pernah dicobanya.

Lewat akun twitter pribadinya @MoeloekRenatta, dia menjawab pertanyaan itu dengan mengunggah kolase foto bubur beras yang berasal dari Kabupaten Simeulue itu.

Bubur ini memang agak membuat banyak orang penasaran. Apalagi nama dan penyebutannya sedikit mengelitik, karena merujuk pada kata lain dari penyebutan organ seksual wanita.

Memek sendiri terbuat dari pisang dan beras ketan yang dijadikan bubur. Pada 2019 lalu, pemerintah menetapkan kuliner ini sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Warga di Pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia itu, dahulunya menjadikan Memek sebagai makanan alternatif, jika sedang musim paceklik dan badai.

Apalagi jika distribusi logistik dari wilayah selatan Aceh yang diangkut menggunakan kapal, tidak bisa menyeberang ke pulau yang dulunya masuk Kabupaten Aceh Barat itu.

Kini Memek juga mulai tenar di daratan Aceh. Bahkan bubur ini kerap menjadi buruan untuk panganan berbuka puasa, kala bulan Ramadhan tiba. []

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI