27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Covid Mereda, Hepatitis Misterius Jadi Hantu Baru

JAKARTA|ACEHINFO-Covid-19 mereda, penyakit hepatitis misterius yang menular lewat pencernaan dan saluran pernapasan tengah melanda dunia. Bahkan sejumlah negara telah melaporkan adanya korban meninggal dunia akibat terserang penyakit ini.

Penyakit menular ini disebut rentan menyerang anak-anak. Di Indonesia, penyakit ini telah menyerang tiga orang anak. Bahkan mereka dilaporkan meninggal dunia. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta sempat merawat tiga anak itu sebelum meninggal.

Kementerian Kesehatan sedang melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab penyakit ini.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI Hanifah Oswari menyebut dugaan awal penyebab penyakit ini adalah Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV, dan lain-lain.

Hanifah menyarankan para orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan sejumlah tindakan pencegahan. Langkah awal mencegah hepatitis adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang,” kata Hanifah Oswari dalam keterangannya.

“Tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain, serta menghindari kontak anak-anak dari orang sakit agar tetap sehat.”

Selain itu, mencegah penularan hepatitis misterius melalui saluran pernapasan bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB).[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS