30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dampak Banjir Aceh Utara, Seorang Bocah Meninggal dan Sebanyak 24.332 Jiwa Mengungsi 

LHOKSUKON I ACEH INFO – Akibat hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Utara selama sepekan ini dan meluapnya Krueng Keureuto dan Krueng Pase, mengakibatkan banjir di sejumlah kecamatan di kabupaten tersebut. 

Berdasarkan data yang diperoleh Acehinfo.id dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), hingga Selasa (4/1/2022), banjir yang terjadi di Aceh Utara, mengakibatkan ribuan rumah dan ribuan hektar sawah terendam di 14 kecamatan.

Wilayah yang terendam banjir di Aceh Utara yaitu Kecamatan Dewantara meliputi Gampong Tambon Tunong, Gampong Uteun Geulinggang dan Gampong Keude Krueng Geukueh. Lalu di  Kecamatan Sawang terjadi di Gampong Cot Kumuneng. 

Selanjutnya di Kecamatan Banda Baro meliputi Gampong Alue Keurinyai, Gampong Jamuan, Gampong Paya Ulee, Gampong Ulee Nyeu, Gampong Sangkelan,  Gampong Cot Jabet serta Gampong Paya Dua. 

Banjir juga terjadi di Kecamatan Cot Girek yang merendam Gampong Cot Girek, Gampong Trieng, Gampong U Baro dan Gampong Berandang Dayah. 

Kemudian di Kecamatan Matang Kuli yang paling luas terjadi banjir yaitu merendam Gampong Alue Entok, Gampong Tumpok Barat, Gampong Alue Tho, Gampong Ceubrek Pirak, Gampong Lawang, Gampong Tanjung Haji Muda, Gampong Meuria, Gampong Pante Pirak, Gampong Siren, Gampong Hagu, dan Gampong Leubok Pirak.

Selain itu juga merendam Gampong Parang Sikureng, Gampong Mee, Gampong Baroh, Gampong Tanjong Tgk Ali, Gampong Punti Matang Kuli, Gampong Tanjong Babah Krueng, Gampong Blang Matang Kuli, Gampong Teupin Keube, Gampong Meunye Pirak serta Gampong Trieng Teupin Keube

Sedangkan banjir terparah terjadi di Kecamatan Lhoksukon yaitu meliputi Gampong Mns Rayeuk, Gampong Meucat, Gampong Nga LT, Gampong Manyang, Gampong Babah Geudubang, Gampong Meurbo, Gampong Krueng LT, Gampong Rawa, Gampong Jok LT, Gampong Meuria, Gampong Blang, Gampong Beringin, Gampong Geulumpang, Gampong Kuta Lhokisukon, Gampong Ceubrek, Gampong Trieng Matang Ubi, Gampong Mns Asam AB, Gampong Mns Pante, Gampong Ule Tanoh, Gampong Meunye MU dan Gampong Matang Meunye.

Selanjutnya, banjir juga merendam sejumlah desa di Kecamatan Pirak Timu, Kecamatan Tanah Luas, Kecamatan Samudera, Kecamatan Langkahan, Kecamatan Kuta Makmur, Kecamatan Geureudong Pase, Kecamatan Syamtalira Aron dan terakhir di Kecamatan Paya Bakong. 

Akibat banjir yang melanda puluhan desa di 14 kecamatan tersebut, mengakibatkan sebanyak 6.633 KK atau 24.332 jiwa harus mengungsi. Selain itu, seorang bocah atas nama M Rafa Alfarisi (6) di Kecamatan Samudera meninggal dunia tenggelam dalam banjir. 

Relawan BPBA bersama BPBD Kabupaten Aceh Utara dan masyarakat dibantu berbagai lembaga dan komunitas, saat ini terus melakukan pemantauan, mengevakuasi korban banjir ke lokasi yang lebih aman, serta membuka dapur umum. 

Sementara itu, pantauan Acehinfo.id di sejumlah lokasi, banjir berangsur-angsur mulai surut. Namun masyarakat masih tetap was-was terjadinya banjir susulan.

PENULIS : FERIZAL HASAN 

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS