30.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dek Gam Minta Dugaan Pelecehan Napi Perempuan di Lapas Diusut Tuntas

BANDA ACEH | ACEH INFO – Anggota Komisi III DPR RI, Nazaruddin yang akrab disapa Dek Gam mengecam dugaan adanya isu pelecehan narapidana perempuan di Lembaga Pemasyarakatan di Aceh.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI ini juga mendesak untuk diusut tuntas serta segera dilakukan investigasi secara terbuka dan komprehensif.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional ini, lembaga pemasyarakatan seharusnya menjadi tempat untuk mendidik orang-orang yang sudah bersalah, agar kemudian setelah bebas bisa kembali ke masyarakat dan menjadi orang baik.

“Meskipun ini masih dugaan, harus segera diinvestigasi itu, bila perlu libatkan kepolisian, karena bisa jadi ada oknum petugas yang terlibat,” kata Nazaruddin Dek Gam melalui keterangan tertulisnya yang diterima acehinfo.id, Jumat, 5 Mei 2023.

Dek Gam juga menegaskan, jika ada oknum petugas yang terlibat, maka copot dan pecat, karena ini sudah melewati batas moralitas dan hukum yang berlaku.

“Lembaga Pemasyarakatan harus menjadi rumah untuk merubah perilaku orang-orang yang bersalah, kalau memang di dalam lapas saja melakukan lagi kesalahan-kesalahan yang sama berarti ada sesuatu yang harus diperbaiki,” tegas Dek Gam.

Kata Dek Gam lagi, ini akan menjadi perhatian khusus darinya dan akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan sampai ke Menteri Hukum dan HAM.

“Ini persoalan yang serius, di tempat yang seharusnya perempuan bisa terlindungi dan dijaga, bisa dilakukan pelecehan, artinya ada yang salah yang berjalan selama ini. Saya akan kawal sampai sejauh mana investigasi ini dilakukan,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS