29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Di Bireuen, Penipuan Melalui WA Resahkan Masyarakat 

BIREUEN I ACEH INFO – Hati – hati bagi pengusaha yang mempromosikan usahanya di Media sosial, seperti yang dialami pemilik kost yang ada di Kabupaten Bireuen.

Modus penipuan kini semakin menjadi – jadi segala upaya dilakukan asal mendapat mangsa untuk di tipu.

Zulkarnaini kepada Acehinfo.id, Minggu 30 Oktober 2022 mengatakan, dirinya hampir tertipu dengan gerak gerik pencari kost tersebut melalui telpon seluler dan WhatsApp (WA) dengan meminta foto kamar.

“Katanya dia pindah tugas ke salah satu perusahaan PLN yang ada di Bireuen, lalu dia minta untuk mengirimkan KTP, dan Kartu tanda penduduk pun dikirim atas nama Erwin Effendi, salah seorang warga dari Propinsi Kalimantan Selatan Kabupaten Tabalong yang ingin mencari kamar kost penginapan di seputar Kabupaten Bireuen.

Kemudian dia meminta kepada pemilik kost untuk pembayaran melalui transfer, dan meminta no rek pemilik kost, itu pun dikirim sebagai proses bukti pembayaran,” kata Zoel.

Zoel juga mulai curiga dengan ucapan yang seakan mempercepat proses pembayaran, pasalnya untuk biaya kost selama enam bulan Rp 4,8 juta namun dia mengirim lebih hingga 6,3 juta, yang anehnya rekening BSI dan BAS juga di kirimnya, tapi kenapa dikirim melalui BRImo ke rekening Bank Aceh.

“Setelah ditransfer dan bukti transfer dikirim ke pemilik kost, lalu dia memulai aksinya dengan menelpon berulang kali, katanya bukti bayar di buat kwitansi agar bisa disampaikan ke atasan, dan bukti bayar lebih di transfer kembali untuk biaya pesawat, dengan menyebutkan keterangan di bukti transfer travel Erwin,”sebut Zoel.

Untung Zoel punya ACTION Mobile adalah mobile banking Bank Aceh Syariah (BAS) yang memberikan kemudahan bertransaksi non tunai kapan saja dan di mana saja. Saat di cek saldo tidak bertambah, Dengan kejadian yang di alaminya Zoel berharap agar motif penipuan itu tidak dilayani apabila belum tau pasti.

 

spot_img
Kontributor :Zulkarnaini

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS