28.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dinsos Aceh Timur Bakal Cari Orang Tua Adopsi untuk Bayi Temuan di Kantin Sekolah

IDI RAYEUK | ACEH INFO – Dinas Sosial (Dinsos) Aceh Timur akan mengasuh dan merawat bayi yang ditemukan di kantin Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Gampong Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak. Pihaknya juga akan mencari orang tua adopsi untuk bayi yang dibuang tersebut.

“Sesuai aturan dan prosedur yang ada, kami harus mengamankan dan mengambil alih untuk dilindungi, diasuh sementara oleh negara sampai ada yang mau mengadopsinya,” kata Kabid Rehabsos Dinas Sosial Aceh Timur, Mukhlis, Kamis, 17 Februari 2022.

Pihaknya turut menyambangi bayi yang kini dirawat di Puskesmas tersebut.

Menurut Mukhlis, Dinsos melalui Sakti Peksos akan melakukan assesmen dan verifikasi untuk menemukan calon orang tua asuh yang layak.

Namun pihaknya akan menunggu hasil dari penyelidikan polisi terkait orang tua kandung bayi tersebut.

“Harus ditunggu dalam waktu tiga hari dulu untuk melihat hasil penyelidikan polisi terlebih dahulu, jika tidak ada yang komplain terkait bayi tersebut, baru diproses untuk verifikasi terhadap cota sesuai permohonan yang ada,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Warga Desa Tampak, Kecamatan Ranto Peureulak pada Rabu, 16 Februari 2022 pagi dihebohkan atas penemuan bayi di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) desa setempat.

Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut pertama kali ditemukan oleh LF, salah satu murid saat masuk ke pintu gerbang sekolah.

“Saat memasuki gerbang sekolah, saksi (LF) mendengar suara tangisan bayi, kemudian ia mencari sumber suara dan ternyata berasal dari kantin yang berada di samping pintu gerbang sekolah, saksi melihat bayi yang dibungkus kain sarung diletakkan di atas tanah tepatnya di bawah meja kantin tersebut,” ujar Kapolsek Ranto Peureulak Iptu Eko Suhendro.

Baca: Warga Aceh Timur Temukan Bayi di Kantin Sekolah

Setelah menjalani pemeriksaan di Puskesmas terdekat, bayi tersebut kini ditempatkan di UPTD Ayeum Mata, sebuah rumah perlindungan sosial milik pemerintah yang berada langsung di bawah naungan Dinas sosial Aceh Timur.[]

LAPORAN: ZAKARIA

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS