27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Disdik Dayah Aceh Aplikasi Gerakan BEREH di Subulussalam

SUBULUSSALAM | ACEH INFO – Dalam rangka New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Aceh mengaplikasikan Gerakan Bersih Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH) di Masjid Al-Mukarramah, Desa Penanggalan Barat, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Sabtu, 9 April 2022.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga tengah malam ini dimulai dengan gotong royong bersama membersihkan perkarangan dan MCK Mesjid, penanaman pohon, buka puasa bersama, salat tarawih beserta witir serta ceramah agama.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri, di lokasi acara mengatakan kegiatan ini turut dipartisipasi oleh Bank Aceh Syariah Subulussalam, BPRS Mustaqim Subulussalam, Puskesmas Penanggalan, dan Camat Penanggalan. Selain itu, kepala sekolah setempat, imam masjid, geuchik dan masyarakat ikut serta berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Begitu pula dengan Dayah Perbatasan Minhajussalam Subulussalam.

Zahrol menyampaikan salam hangat dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah kepada warga masyarakat Kota Subulussalam.

“Melalui momentum bulan Ramadhan ini, rajutan silaturrahmi kita tetap terjaga dan acara malam ini dilakukan secara serentak di 54 masjid di seluruh Aceh, termasuk malam ini di Kota Subulussalam,” ujarnya.

Dia mendapat amanah agar program BEREH ini dapat diaplikasikan di seluruh masjid di Aceh dengan tujuan terciptanya kenyamanan dalam melaksanakan ibadah.

“Maka untuk hari ini, kami berhasil menanam beberapa pohon yaitu tiga batang pohon mangga, lima pohon Kencana, serta beberapa pot beserta bunga untuk memperindah masjid,” jelasnya.

Gubernur dan Sekda ingin agar seluruh fasilitas publik di Aceh mengaplikasikan program BEREH ini. “Seperti yang kita pahami selama ini bahwa kebersihan sebagian dari iman,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Penanggalan Al-Hendra menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang sudah memilih Kecamatan Penanggalan sebagai tujuan Safari Ramadhan. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka Masjid Al-Mukarramah menjadi bersih dan halaman yang semula sedikit gersang telah ditanami pepohonan.

“Kami juga mendoakan supaya Gubernur dan Sekda Aceh serta rombongan dari Banda Aceh diberikan limpahan kesehatan,” pungkas Al-Hendra.

Penceramah Waled Rusli Daud dalam pidatonya usai tarawih serta witir menyampaikan esensi beragama adalah menjaga kebersihan. Menurutnya Allah SWT mencontohkan pada Nabi Muhammad SAW bahwa beliau merupakan sosok yang bersih lahir dan batin.

“Ini menjadi bukti bahwa Allah SWT menyukai sesuatu yang bersih dan suci. Maka, kita harus mendukung program bagus dari Gubernur dan Sekda Aceh ini sebagai sebuah gerakan untuk mengajak kita menjaga kebersihan lingkungan, baik di fasilitas publik maupun fasilitas pribadi kita,” katanya.

Waled Rusli Daud juga merefleksikan bahwa kebersihan itu identik dengan keindahan. Untuk itu, semua ummat diajak menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan agar semua nampak estetis dipandang mata.

“Kita jangan hanya berlomba-lomba membangun masjid, tetapi juga harus memelihara masjid dengan baik dan kebersihannya terjaga,” kata Waled. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS