26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

DPRA Minta Pemerintah Aceh Pastikan Stok Sembako Jelang Ramadan dan Lebaran Aman

BANDA ACEH | ACEH INFO – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRA, Zaenal Abidin meminta Pemerintah Aceh untuk segera melakukan pemeriksaan stok sembako jelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 144 H.

Menurutnya, Pemerintah Aceh melalui dinas terkait untuk segera turun ke lapangan untuk memastikan sembako jelang Ramadan dan Idul Fitri aman, termasuk stok barang dan harga.

“Dinas terkait harus segera melakukan sidak pasar, jangan sampai barang-barang sembako tidak cukup, karena dampaknya terhadap harga, kalau stok tidak ada, pasti harga akan naik,” kata Zaenal Abidin, Kamis, 16 Maret 2023, di Banda Aceh.

Politisi asal Aceh Barat itu mengungkapkan kalau tahun-tahun sebelumnya terjadi kenaikan harga ketika menjelang bulan Ramadhan, itu diakibatkan karena berbagai persoalan, mulai stok sembako tidak ada, dan tidak adanya pengawasan dari dinas terkait.

“Kami minta jangan sampai ada kenaikan harga barang sembako jelang Ramadhan dan lebaran. Ini harus bisa dipastikan oleh dinas terkait, saya yakin kalau ada pengawasan jauh-jauh hari, pasti harga-harga sembako tidak mengalami kenaikan,” ujarnya.

Ia menambahkan ketika permintaan barang tinggi, tidak tertutup kemungkinan ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan pribadi, hal ini yang harus benar-benar diantisipasi oleh Pemerintah Aceh.

“Dinas bersama stakeholder lainnya harus bersama-sama mengawasi ini, jangan ada yang mengambil kesempatan dengan menimbun barang, karena yang dirugikan juga masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada BPOM Aceh untuk mengawasi produk-produk yang tidak layak lagi dikonsumsi oleh masyarakat, seperti makanan yang sudah habis masa layak konsumsi.

“Ini benar-benar harus diantisipasi juga, karena efeknya untuk kesehatan, karena ditakutkan ada pihak-pihak yang memanfaatkan tingginya permintaan masyarakat terhadap produk tertentu, sehingga keluarlah produk-produk yang sudah tidak layak konsumsi lagi,” ungkapnya.

Terakhir, ia juga meminta Bulog untuk memastikan berang cukup hingga lebaran. Pasalnya permintaan beras akan meningkat ketika jelang Ramadan dan lebaran.

“Kami berharap tidak ada kenaikan harga beras, karena permintaan beras pasti akan sangat tinggi pada bulan Ramadhan dan lebaran, ini yang harus diantisipasi oleh Bulog,” kata Sekretaris PKS Aceh itu.

Editor : Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI