26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Dua Kecamatan di Pidie Masih Tergenang Banjir, Belasan Rumah Rusak Akibat Angin Kencang

BANDA ACEH | ACEH INFO – Dua kecamatan di Kabupaten Pidie masih tergenang banjir yang dipicu curah hujan tinggi hingga Selasa, 31 Januari 2023 siang. Selain itu, terdapat beberapa unit rumah rusak akibat angin kencang yang menghempas kawasan tersebut.

“Masih tergenang Kecamatan Pidie dan Kota Sigli, tinggal dua lagi yang terendam banjir,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Rabiul, menjawab acehinfo.id, Selasa siang.

Sebelumnya, banjir melanda sebelas kecamatan di Pidie seperti Kota Sigli, Pidie, Padang Tiji, Delima, Indrajaya, Muara Tiga, Batee, Grong-Grong, Simpang Tiga, Kembang Tanjong dan Peukan Baro. Namun, dari pantauan BPBD Pidie di lokasi, banjir di sejumlah kecamatan tersebut telah surut pada Selasa petang.

Akibat banjir kali ini, sebanyak ribuan unit rumah warga sempat terendam air.

Hingga saat ini, pihak BPBD Pidie masih mendata dampak kerusakan banjir yang terjadi di kabupaten berjuluk kerupuk mulieng tersebut. “Masih diverifikasi keparahannya,” kata Rabiul.

Sementara data perkiraan sementara terdapat dua unit rumah rusak akibat banjir. Namun, pihaknya tidak dapat memasukkan dua unit rumah yang rusak tersebut ke dalam data kerusakan. “Karena posisinya di bantaran sungai, sulit kita masukkan ke dalam kerusakan. Itu kan daerah terlarang,” ujar Rabiul.

Selain banjir, kawasan Pidie juga sempat dihempas angin kencang pada Senin, 30 Januari 2023 malam. Akibatnya terdapat beberapa rumah dan satu unit masjid yang rusak.

“Masjid satu (rusak) di Kecamatan Batee, kalau rumah di Grong-Grong 11 unit yang rusak akibat angin kencang, di Batee tiga unit rumah, dan Simpang Tiga satu unit,” papar Rabiul.

Curah hujan tinggi yang melanda kawasan juga mengakibatkan dua titik longsor terjadi di Pidie, yaitu masing-masing satu titik berada di Kecamatan Grong-Grong dan Kecamatan Padang Tiji.

Sementara untuk longsor yang terjadi di kawasan Laweung, menurut Rabiul, saat ini sedang dalam penanganan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Aceh.

Hingga saat ini, kata Rabiul, kondisi Pidie masih ditutupi mendung dan diperkirakan akan diguyur hujan hingga petang nanti. Selain itu, pantauan petugas di lapangan juga terlihat debit air sungai yang masih tinggi di beberapa tempat.

“Air sungai masih tinggi di Krueng Tukah Kota Sigli,” kata Rabiul.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI