27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dua Lifter Aceh Sumbang Emas dan Perak untuk Indonesia

JAKARTA|ACEHINFO-Dua lifter asal Aceh menambah perolehan medali untuk Indonesia, di perhelatan Sea Games Vietnam, 2022. Muhammad Zul Ilmi mengoleksi medali emas, sementara Nurul Akmal harus puas mendapatkan medali perak.

Zul Ilmi berhasil menjadi yang terbaik dalam cabang olahraga angkat besi SEA Games 2021 di nomor 89 kg A putra. Zul mengangkat beban seberat 337 kg. Dia berhasil menorehkan 150 kg pada angkatan snatch dan 187 kg pada angkatan cleand and jerk.

Atlet berusia 26 tahun itu unggul 3 kg atas lifter Vietnam, Tuan Anh Bui dan 12 kg atas atlet Thailand, Tharaphan Phacharamethi.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan saya tenaga,” kata Zul usai dinyatakan sebagai peraih medali emas.

Zul mengaku bersyukur bisa mengharumkan nama baik Aceh di perhelatan olahraga bergengsi asia tenggara itu.

“Semoga ini menjadi sejarah bagi Aceh dan Indonesia. Bismillah. Ini semua berkat doa dari orang tua saya dan anak yatim,” kata pemuda kelahiran Banda Aceh itu.

Sementara Nurul Akmal menambah pundi medali kontingen Indonesia pada SEA Games Vietnam setelah meraih perak kelas +71 kilogram. Amel, sapaan akrab Nurul Akmal mencatatkan total angkatan 252 kilogram.

Sedangkan medali emas diraih oleh atlet asal Thailand, Chaidee Duangaksorn dengan total angkatan 279 kilogram.

Amel merupakan atlet binaan KONI Aceh peraih medali emas PON XX 2021 di Provinsi Papua. Saat ini ia termasuk penghuni program pemusatan latihan daerah (Pelatda) KONI Aceh untuk PON 2024.

Dara asal Serba Jaman Tunong, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara tersebut telah mencatatkan banyak prestasi baik level nasional dan internasional. Pada PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, ia juga berhasil meraih medali emas dan memecahkan rekor nasional.

Pada Olimpiade Tokyo tahun 2021 lalu, Amel berhasil menembus ketatnya persaingan meraih tiket pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS