27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dyah: Pola Asuh Tepat Adalah Modal Utama Bentuk Generasi Cemerlang

TAKENGON | ACEH INFO – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mengatakan generasi berkualitas adalah modal utama suatu bangsa dalam menyongsong masa depan cemerlang. Karena itu, pola asuh anak yang tepat menjadi bekal terpenting yang harus diperhatikan oleh para orang tua, untuk mewujudkan generasi hebat.

“Perhatian bagi anak wajib kita berikan, sebab ia adalah pewaris bangsa, jadi orang tua harus bertanggungjawab penuh terhadap perannya sebagai pendidik dan pembentuk karakter anak,” kata Dyah dalam kegiatan penguatan institusi keluarga terkait pola asuh anak dan remaja bagi kader PKK Pokja I, di Aula hotel Linge Land, Rabu (9/3/2022).

Dyah menerangkan, penerapan pola asuh anak dan remaja harus mengikuti masanya serta harus lebih terarah dan efektif. Karena, pola asuh yang kurang optimal dikhawatirkan akan berpotensi menjerumuskan anak pada karakter buruk, yang mana menjadi titik awal terjadi tindakan-tindakan kekerasan, penyalahgunaan narkoba hingga tindak kejahatan lainya.

Sebab itu, pendidikan yang berlangsung di rumah sangat penting, ajaran yang diberikan orang tua akan membentuk mental anak hingga mereka dewasa.

“Orang tua adalah guru pertama, anak cenderung mengikuti dan meneladani tingkah laku orang tua, maka itu orang tua harus berikan pendidikan terbaik dengan cinta dan kasih sayang,” jelasnya.

Beranjak dari persoalan itu, Dyah meminta, agar para kader PKK pokja I yang membidangi pembinaan karakter keluarga, yang juga mencakup pola asuh anak dan remaja, untuk dapat memahami strategi membangun keluarga sejahtera dan harmonis, agar dapat membantu mewujudkan generasi berakhlak dan bermoral.

Dyah berharap, strategi ini, nantinya akan memberikan langkah-langkah konkret bagi kader PKK, untuk kemudian akan disampaikan kembali kepada keluarga dan masyarakat di gampong masing-masing demi pembangunan keluarga yang sehat dan bebas dari berbagai jenis tindakan amoral.

Sementara itu, Ketua Koordinator Pokja 1 PKK Aceh, Feriyana, mengatakan kegiatan penguatan institusi keluarga terkait pola asuh anak dan remaja bagi kader PKK Pokja I dilaksanakan untuk menyiapkan kader dalam mengatur pola asuh anak dengan strategi pendidikan cinta dan kasih sayang.

“Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman bagi pokja 1 dalam mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang, untuk membentuk generasi yang berakhlakul karimah,” ujarnya.[]

spot_img
Kontributor :RILIS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS