27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Erdogan siap Jamin Ukraina

ISTANBUL|ACEHINFO-Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut negaranya siap menjadi penjamin keamanan bagi Ukraina dari kepungan Rusia. Jaminan itu diberikan jika Ukraina siap untuk berdamai dengan Rusia.

Hal itu disampaikan Erdoan saat berbincang dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenksy lewat sambungan telpon kemarin. Dalam percakapan itu, Erdogan turut menggarisbawahi kesiapan Turki memberikan semua sarana dukungan bagi perundingan damai Ukraina-Rusia, termasuk upaya mediasi.

Erdogan juga mengatakan kepada Zelenskyy bahwa pada prinsipnya, Turki akan bersedia menjadi penjamin keamanan Ukraina.

“Presiden Erdogan mengatakan siap memberikan semua bantuan yang dia bisa selama proses negosiasi dan menawarkan dukungan yang diperlukan, termasuk mediasi,” bunyi pernyataan Kepresidenan Turki.

Sementara itu, dalam kicauannya di Twitter, Zelensky menyebut percakapannya lewat telpon dengan Erdogan merupakan sebuah momen penting dan berharga.

“membahas jalannya proses negosiasi, koordinasi dengan Turki dan negara lain soal penjamin keamanan bagi negara kami. Masalah yang dibicarakan kemampuan pertahanan Ukraina, ketahanan pangan global, yang terancam karena pemblokiran navigasi di Laut Hitam,” kata Zelensky di Twitter.

Selain itu, kedua pemimpin negara ini juga menekankan evakuasi segera warga sipil yang berada di Mariupol, kota pelabuhan di tenggara Ukraina yang menjadi salah satu titik panas perang saat ini.

“Pada malam pembicaraan dengan Putin, saya menekankan perlunya evakuasi segera warga sipil dari Mariupol, termasuk Azovstal, dan pertukaran segera pasukan yang ditahan,” lanjut Zelensky seperti dikutip kantor berita Anadolu.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS