28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Gandeng Kemendes, Irmawan Kembangkan Desa Wisata Jalin Jantho

ACEH BESAR | ACEH INFO – Anggota DPR RI asal Aceh dari fraksi PKB, H Irmawan bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, mengembangkan Gampong Suka Tani Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Melalui dana aspirasinya, Irmawan memberikan bantuan dana hibah pengembangan Desa Wisata kepada gampong tersebut.

H Irmawan, mengatakan Jantho punya alam yang indah maka sudah seharusnya Kota Jantho harus menjadi ikon wisata baru di Aceh.

“Dengan potensi alam yang indah, pengunungan yang asri, hutan yang lebat harus mampu kita kembangkan menjadi tujuan kunjungan wisatawan dengan tujuan menambah PAD Desa,” ujar Irmawan yang juga Ketua PKB Aceh, Kamis, 6 Juli 2023.

Selanjutnya ia menambahkan, kegiatan ini harus mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

“Informasi dari tenaga ahli saya Munawar dari hasil rembuk bersama BUMG, DPMG, Disparpora akan dibangun Homstay dan penataan kawasan, Tim Verifikasi sudah berkunjung beberapa waktu lalu dan sepakat,” sebut H Irmawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, dalam rapat sosialisasi dan perjanjian kerja bersama kegiatan pembangunan sarana dan prasarana pengembangan Desa Wisata tersebut, di Kemendes PDTT RI, Jakarta, Rabu, 5 Juli 2023, mengatakan Kemendes PDTT telah memberikan bantuan hibah dalam bentuk dana senilai Rp 400 Juta untuk pembangunan sarana pendukung pengembangan pariwisata.

“Dana ini nantinya akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di Suka Tani,” katanya.

Ia juga mengatakan sarana pendukung yang akan dibangun nanti berupa tempat penginapan yang diharapkan dapat mendukung kunjungan wisata, semua anggaran tersebut bersumber dari Kementerian Desa dan PDTT RI.

“Rencana akan dibangun tempat penginapan yang dapat mendukung kunjungan wisata dan bisa bermalam disana,” ujarnya.

Geuchik Suka Tani, Afifuddin mengaku bersyukur telah didukung pembangunan fasilitas untuk pembangunan desa wisata Suka Tani, semua berkat dukungan banyak pihak, baik Pemkab Aceh Besar, DPMG, Disparpora, Camat Kota Jantho dan masyarakat Suka Tani yang terus mendukung kemajuan gampong.

“Ini semua berkat dukungan semua pihak, Terima kasih untuk pak Irmawan yamg telah membantu pengembangan wisata desa kami,” pungkasnya.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS