30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

H Ilham Pangestu: Demokrasi Dijalankan Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila

IDI RAYEUK | ACEH INFO – Anggota DPR RI dari fraksi Golkar, H Ilham Pangestu, mengatakan demokrasi pancasila adalah sebuah konsep demokrasi yang memiliki landasan nilai dalam Pancasila, yaitu dasar negara Indonesia, Rabu, 25 Oktober 2023.

Konsep demokrasi pancasila merujuk pada sistem politik yang diterapkan di Indonesia. Dimana demokrasi dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut disampaikan, H Ilham Pangestu, saat menyerap aspirasi masyarakat Gampong Alue Dua, Kecamatan Rantau Peureulak, Aceh Timur, di Aula Meunasah gampong setempat beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi V DPR RI ini, menyampaikan Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Demokrasi Pancasila mengacu pada prinsip-prinsip demokrasi yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Pancasila tersebut,” ujar H Ilham Pangestu.

Dalam konteks demokrasi Pancasila, kedaulatan rakyat adalah prinsip utama yang dijunjung tinggi.

Prinsip ini menegaskan bahwa kekuasaan politik berada di tangan rakyat, dan rakyat memiliki hak untuk memilih pemimpin mereka melalui proses pemilihan umum yang demokratis.

H.Ilham Pangestu mengatakan Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat indonesia, yang memberikan kehidupan bangsa Indonesia serta membimbing masyarakat supaya tercipta masyarakat adil dan makmur.

Pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti tercantum dalam pembukakaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa.

Menyadari bahwa untuk kelestarian dan kemampuan Pancasila itu, perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus penghayatan dan pengalaman nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya oleh setiap warga negara indonesia, setiap penyelenggara Indonesia serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan.

Hal ini sesuai dengan Pancasila yang menunjukkan suatu rangkaian urutan tiap-tiap sila mempunyai tempat sendiri didalam rangkaian susunan kesatuan itu sehingga tidak dapat diganti.

Sementara itu, salah seorang narasumber, Khairul Amri, menyampaikan bahwa hal paling mudah untuk dapat menerapkan aspirasi masyarakat dalam sistem demokrasi tersebut adalah dilingkungan terdekat kita.

“Mulai dari rumah tangga kita sendiri, tindakan kita sebagai kepala rumah tangga telah sesuai dengan nilai-nilai ketuhanan,” pungkasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS