28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Hadiri Rakor Kepala Daerah, Mahyuzar Sebut Mendagri Ingatkan Lima Isu Strategis

JAKARTA | ACEH INFO – Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, menghadiri Rapat Koordinasi Penjabat (Pj) kepala daerah seluruh Indonesia, yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Rakor Pj kepala daerah se-Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, membahas tentang peningkatan kesinambungan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik, serta implementasi kebijakan strategi nasional di daerah.

Mahyuzar menyampaikan, pada kesempatan itu Mendagri Tito Karnavian, dengan tegas mengingatkan tentang lima isu strategis yang harus menjadi perhatian Pj Kepala Daerah.

Kelima isu yang haru menjadi perhatian Pj kepala daerah ini, yakni pertama harus menguatkan keberadaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Kedua, soal budaya kerja yaitu menerapkan budaya kerja kerja BerAKHLAK. Ketiga, terkait kunjungan ke luar negeri, kunjungan tersebut harus benar-benar bermanfaat, karena banyaknya biaya yang digunakan.

Keempat, harus mempercepat pendidikan berhitung bagi para siswa sekolah dasar dengan metode Gampang, Asyik, Menyenangkan (GASING) yang diciptakan ahli Matematika dan Fisika, Prof Yohanes Surya.

Kelima terkait dengan penghematan belanja bagi pegawai yang bisa digunakan untuk menutupi kekurangan dana bagi infrastruktur. Sehingga tuntutan rakyat terhadap pembangunan infrastruktur dasar bisa terdanai.

Menurut Mahyuzar, arahan yang disampaikan oleh Mendagri, menjadi mandat bersama bagi seluruh komponen untuk dapat bersinergi demi kelangsungan roda pemerintahan daerah.

“Membangun sinergisitas antar-tingkatan pemerintahan serta menjalin komunikasi dengan seluruh stakeholder sangat penting dalam upaya mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan daerah,” katanya.

Lanjut Mahyuzar, sesuai arahan dari Kemendagri, semua Pj kepala daerah, harus memiliki kemampuan, inovasi dan komitmen yang kuat untuk menjadi leadership yang mampu membawa pembangunan, pemerintahan dan pelayanan masyarakat lebih baik di daerahnya masing-masing.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS