27.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Harimau Serang Petani Cabe di Bakongan Timur Aceh Selatan

BANDA ACEH | ACEH INFO – Muhajir, 47 tahun, warga Desa Seuleukat Kecamatan Bakongan Timur, Aceh Selatan, diserang Harimau Sumatera pada Kamis, 21 Mei 2022 sekitar pukul 11.00 WIB. Serangan tiba-tiba tersebut membuat kaki kanan petani cabai ini luka parah dan terpaksa dibawa ke rumah sakit.

“Beliau tengah memanen cabe di kebun miliknya, harimau tiba-tiba muncul dari semak belukar yang ada. Karena merasa takut, beliau memanjat pohon untuk menyelamatkan diri,” ungkap Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh Hadi Sofyan kepada awak media.

Namun, terang Hadi, ketika korban sedang menaiki pohon, harimau menyerang dari bawah dan mengenai kaki bagian kanan sehingga menimbulkan luka.

Menurut Hadi, saat ini ini korban dirujuk ke Rumah Sakit Tapaktuan untuk penanganan medisĀ  selanjutnya.

Berdasarkan daftar kelangkaan satwa dikeluarkan lembaga konservasi dunia International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), satwa yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera ini berstatus spesies terancam kritis, berisiko tinggi untuk punah di alam liar.

BKSDA Aceh mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian khususnya harimau sumatra dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa.

Serta tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati.

Kemudian, tidak memasang jerat, racun, pagar listrik tegangan tinggi yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi. Semua perbuatan ilegal tersebut dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan perundang-undangan.

Di samping itu, aktivitas ilegal lainnya juga dapat menyebabkan konflik satwa liar khususnya harimau sumatra dengan manusia. Konflik ini berakibat kerugian secara ekonomi hingga korban jiwa, baik manusia maupun keberlangsungan hidup satwa liar tersebut.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS