26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

HUT ke-78, PMI Aceh Tamiang Gelar Apel dan Sejumlah Perlombaan

KARANG BARU | ACEH INFO – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Tamiang  menggelar kegiatan apel peringatan Hari Ulang Tahun PMI ke-78 yang diikuti oleh segenap pengurus, relawan dan utusan PMR dari sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu 17 September 2023.

Kegiatan apel peringatan HUT PMI ke-78 tahun tersebut dipimpin langsung oleh Bendahara PMI Kabupaten Aceh Tamiang, Rudi Irawan dan dipusatkan di halaman Markas PMI setempat di Kampung Medang Ara, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang.

Bendahara PMI Kabupaten Aceh Tamiang, Rudi Irawan, memberikan apresiasi atas kinerja segenap relawan dan staf markas yang telah memberikan sumbangsih terbaiknya bagi kemanusiaan.

Hal itu terlihat dari pencapaian kinerja yang telah ditunjukkan selama ini yang terus memperlihatkan trend peningkatan dari tahun sebelumnya.

“PMI sebagai wadah berhimpunnya para relawan kemanusiaan berlatar belakang berbeda, telah memberikan pelayanan maksimal sesuai bidang tugas dan fungsi masing-masing seperti pelayanan donor darah, penanggulangan kebencanaan dan kegiatan kemanusiaan lainnya,” ujarnya.

Lanjutnya, PMI juga terus melakukan upaya peningkatan kapasitas relawan dengan memfasilitasi beberapa pelatihan yang nantinya masing-masing peserta pelatihan tersebut sudah semakin matang dan siap diterjunkan dalam setiap operasi kemanusiaan bersama PMI.

Terkait fungsinya sebagai mitra pemerintah daerah, ulasnya, pengurus dan relawan PMI Aceh Tamiang dinilai mampu menjalin kemitraan dengan sejumlah lembaga pemerintahan hingga terlaksananya sejumlah kegiatan dengan baik seperti kegiatan Donor Darah yang melibatkan sejumlah instansi pemerintahan dan kelompok masyarakat.

Ia menilai, dengan adanya sejumlah potensi kebencanaan yang ada di daerah itu maka salah satu upaya adalah bagaimana setiap relawan mampu mengambil peranan dan langkah cepat untuk membantu masyarakat.

“Prosedur penanganan tersebut sudah diatur secara ketat sesuai dengan nilai-nilai tujuh prinsip dasar gerakan kepalangmerahan internasional dan regulasi lain yang mengikat dan wajib dijalankan,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Aceh Tamiang, Amarullah, menjelaskan dalam rangka peringatan HUT PMI ke-78, pihaknya menyelenggarakan beragam perlombaan seperti lompat karung pakai helm, estafet air, estafet tepung, tepuk air, makan kerupuk, estafet karet pipet, estafet slayer, pancing takir, mendirikan tenda dan perlombaan membalut luka.

“Beragam kegiatan perlombaan tersebut diikuti oleh anggota PMR Mula, Madya dan Wira, Pembina PMR dan Relawan PMI sekabupaten Aceh Tamiang,” ujar Adon, panggilan akrab Amarullah.

Adon menambahkan beragam kegiatan yang dilaksanakan dalam HUT PMI ke-78 ini bertujuan untuk menanamkan jiwa kemanusiaan dan nilai-nilai perikemanusiaan sejak dini, mempererat tali silaturahmi antar relawan, antara para relawan Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Mula, Madya dan Wira Kabupaten Aceh Tamiang dan antara pengurus PMI dengan anggota relawan KSR dan TSR PMI Kabupaten Aceh Tamiang.

“Pelaksanaan beragam kegiatan dalam HUT ke-78 ini juga bertujuan untuk membangun jaringan antar sesame anggota KSR, TSR maupun PMR Kabupaten Aceh Tamiang dan sebagai wahana tukar menukar informasi antar KSR dan PMR tingkat Mula, Madya dan Wira,” ungkap Adon. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS