28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

IAIN Langsa Wisuda 426 Lulusan, 18 Orang Raih Predikat Terbaik

LANGSA | ACEH INFO– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mewisuda 426 lulusan, yang terdiri dari 419 orang strata satu (S1) dan 7 orang program Magister (S2), Kamis, 16 Maret 2023, di aula Laboratorium kampus setempat.

Pada wisuda tahap I ini sebanyak 18 lulusan meraih perdikat terbaik, dengan rincian, 9 orang berpredikat pujian dan 9 orang berpredikat sangat memuaskan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa, Muhammad Suhaili Sufyan, menyebutkan, lulusan yang diwisuda terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran sebanyak 129 orang, Fakultas Syariah sebanyak 81 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah sebanyak 64 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 145 orang dan program Pascasarjana sebanyak 7 orang.

Suhaili mengatakan, IAIN Langsa telah berusaha maksimal untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dari aspek pengetahuan (knowledge), Pemahaman (understanding), Kemampuan (skill), Nilai (value), Sikap (attitude) dan minat (interest).

Untuk meningkatkan kompetensi lulusan, IAIN Langsa melakukan berbagai pembenahan mulai dari peningkatan SDM tenaga pengajar, inovasi kurikulum pendidikan, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, menggunakan Teknologi Informasi dalam proses Pembelajaran dan pelaksanakan Administrasi untuk menyongsong Era Internet of Thing, peningkatan aktifitas dan kreatifitas akademik serta menciptakan iklim nuansa akademik.

Sementra itu, Rektor IAIN Langsa, H. Basri, menyampaikan selamat kepada para wisudawan baik Sarjana maupun Magister atas prestasi dan keberhasilan yang diperoleh dalam menempuh pendidikan pada IAIN Langsa, semoga dengan ilmu yang dimiliki mengantar kepada kehidupan yang mulia dan bermartabat, menjadi sarjana dan Magister yang terus belajar dan cinta ilmu pengetahuan, meningkatkan kualitas iman untuk ta’at beribadah.

Kemudian, menjadi anak yang berbakti dan penyejuk hati orang tua, berintegritas tinggi, menjadi kebanggaan bagi almamater, sebagai sumber daya manusia yang berkualitas, serta menjadi generasi yang meneruskan kemimpinan bangsa yang mampu mensejahterakan masyarakat di masa depan.

Rektor menjelaskan, perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini yang cukup pesat dalam segala bidang, dirinya berpesan kepada para wisudawan, persiapkanlah diri untuk menghadapi era ini, tidak hanya memadai dengan kesarjanaannya, akan tetapi jauh lebih penting, moralitas, integriatas dan keimanan yang kuat untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sarjana menjadi pelopor pembaharuan disetiap sistem kehidupan, sarjana harus mampu mengadopsi praktik-praktik yang lebh inovatif dengan ilmu untuk kemajuan masyarakat.

Selanjutnya Rektor berpesan, sukses dimasa depan juga ditentukan oleh usuha susnguh-sungguh, kesabaran dan do’a restu kedua orang tua, maka dengan kesarjanaan ini tingkatkanlah kualitas berbakti dan berbuat baik kepada ayahanda, ibunda dan semua orang yang selama ini telah berjasa membantu, membiayai, mendidik, membimbing sampai saudara berhasil menjadi sarjana. Jasa-jasa baik merekalah susksesnya pada hari ini.

Pj. Walikota Langsa yang diwakili oleh Stahf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Abdul Qayyum menyampaikan, para lulusan teruslah mengembangkan diri dengan membaca, mengikuti pelatihan dan kursus, dan menjalin koneksi dengan para profesional di bidang yang Saudara minati.

Alumni juga senantiasa memperhatikan nilai-nilai etika dan moral dalam setiap tindakan dan keputusan yang saudara ambil. Sebagai sarjana, harus memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk masyarakat yang lebih baik. Oleh karena itu, selalu bertindak dengan integritas dan bertanggung jawab atas tindakanmu.

“Jangan lupa untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat, dengan bergabung dalam kegiatan sosial, mengajarkan ilmu yang Saudara miliki pada orang lain, atau membantu mereka yang membutuhkan,”imbuhnya.

Hadir sebagai orasi ilmiah Prof. Dr. Muhammad AR, guru besar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang mengupas tema meneguhkan pengabdian dalam menebarkan rahmatan lil alamin.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS