26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Ini Sembilan Lokasi Wisata yang Ramai Pengunjung Selama Idul Fitri, Yuk Jalan-Jalan ke Bireuen 

BIREUEN I ACEH INFO – Di Kabupaten Bireuen, Aceh, terdapat sejumlah lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi.

Pantauan Acehinfo.id, sejak Selasa-Rabu 3-4 Mei 2022, ada sembilan lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal di Kabupaten Bireuen.

Masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Bireuen maupun luar Bireuen, sudah memadati sejumlah lokasi wisata sejak pagi hingga sore hari.

Berikut sembilan lokasi wisata di Kabupaten Bireuen yang ramai pengunjung dan layak dikunungi selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau 2022 M.

1. Krueng Simpoe Juli

Lokasi wisata ini terletak dipinggir jalan nasional Bireuen-Takengon, tepatnya Km 18, Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Bireuen.

Aliran air sungai yang cukup jernih mengalir di lokasi wisata alam tersebut. Selain itu, juga terdapat pondok-pondok tempat duduk wisatawan.

Selain itu juga disediakan berbagai makanan dan minuman segar yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung. Ada kelapa muda, mie, dan berbagai jenis makanan dan minuman segar lainnya.

2. Batee Iliek Samalanga

Wisata yang satu ini juga tidak kalah menariknya dari beberapa wisata lainnya di Bireuen. Krueng Batee Iliek berada di lintas nasional Medan-Banda Aceh, Kecamatan Samalanga.

Lokasi wisata alam ini paling ramai dikunjungi wisatawan lokal. Karena berada diperbatasan antara Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Pidie Jaya.

Ini Sembilan Lokasi Wisata Yang Ramai Pengunjung Selama Idul Fitri, Yuk Jalan-Jalan Ke Bireuen 
Wisatawan lokal menikmati indahnya aliran sungai krueng batee iliek, samalanga, bireuen, aceh, selasa (3/5/2022). Ferizal hasan/acehinfo. Id

Bahkan terjadi kemacetan yang cukup panjang di lintas nasional kawasan Batee Iliek, akibat dipadati kendaraan pengunjung yang berwisata ke Batee Iliek.

3. Kubu Tgk Dilapan 

Makam Tgk Dilapan juga berada di jalan nasional Medan-Banda Aceh, Desa Tambue, Kecamatan Simpang Mamplam.

Wisata Religi ini terdapat taman tempat berteduh para pengunjung. Disini wisatawan juga bisa shalat berjamaah di Mushalla depan Makam.

Selain itu, para wisatawan juga bisa memasak di komplek makam tersebut untuk makan bersama keluarganya.

Para wisatawan lokal ada yang melakukan ziarah ke Makam Syuhada Lapan sambil berwisata.

4. Cot Batee Geulungku

Lokasi wisata ini juga masih berada di lintas nasional Medan-Banda Aceh, tidak jauh dari Makam Tgk Dilapan. Hanya berjarak sekitar dua kilometer ke arah timur Makam.

Lokasi wisata Cot Batee Geukungku ini sebagian masuk Kecamatan Simpang Mamplam dan sebagiannya masuk wilayah Kecamatan Pandrah.

Dilokasi wisata ini, terdapat berbagai pondok tempat para pedagang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman segar.

Sehingga wisata Cot Batee Geukungku dikenal dengan wisata kuliner. Bagi setiap pelintas dapat singgah memilih menu dan pondok mana saja yang disukainya.

Karena semua pondok atau cafe-cafe yang ada di Cot Batee Geulungku sangat nyaman disinggahi oleh wisatawan lokal. Selain suasana yang teduh dan udara yang segar, juga menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman segar.

5. Laut Ujong Seuke Peudada

Wisata laut yang satu ini juga sangat menarik dikunjungi wisatawan. Betapa tidak, di sepanjang pantai Laut Ujong Seuke, Kecamatan Peudada ini, menjadi arena bermain bagi wisatawan.

Di lokasi wisata ini disediakan motor balap yang disewakan untuk pengunjung. Wisatawan bisa bermain dengan motor bersama anak-anak dan keluarganya.

Harga sewa motor pun sangat murah, hanya Rp 10.000 per jam. Disini juga terdapat pondok-pondok tempat singgah pengunjung.

Angin sepoi-sepoi yang ditiup dari laut Selat Malaka, menambah kenyamanan bagi pengunjung.

Disini juga disediakan berbagai jenis makanan dan minuman segar dengan harga yang cukup murah dan sangat terjangkau.

Lokasi parkirnya pun sangat luas dengan jasa biaya parkir sangat murah. Lokasi wisata Laut Ujong Seuke ini terdapat di Kecamatan Peudada, tidak jauh dari jalan nasional Medan-Banda Aceh.

Hanya berjarak sekitar 2 kilometer arah barat Jembatan Krueng Peudada dan 1 kilometer arah Utara Jalan Medan-Banda Aceh.

6. Pantai Ujong Blang

Lokasi wisata Pantai Ujong Blang Kecamatan Kuala, Bireuen ini, juga tidak pernah sepi dari pengunjung.

Bukan hanya hari libur Idul Fitri saya yang dipadati pengunjung, hari-hari libur biasa juga ramai wisatawan lokal yang bertamasya ke Pantai Ujong Blang Bireuen.

Lokasinya hanya berjarak sekitar tiga kilometer arah Utara Kota Bireuen. Jika ingin berwisata ke Pantai Ujong Blang, saat tiba di Bundaran Simpang Empat Kota Bireuen, anda langsung berbelok ke arah Utara, melewati Pendopo Bupati Bireuen.

Pantai wisata Ujong Blang ini juga tidak kalah menariknya dengan lokasi wisata lainnya di ibukota Kota Juang.

7. Pantai Kuala Raja

Pantai Kuala Raja juga berada di Kecamatan Kuala Raja. Hanya berjarak sekitar dua kilometer arah timur Pantai Ujong Blang.

Lokasi wisata yang satu ini juga menarik dikunjungi wisatawan. Selain lokasi lantainya yang cukup rindang dibawah pohon Cemara, juga terdapat pasir hitam yang bersih.

Pantai wisata ini sangat ramai dikunjungi wisawatan lokal. Baik dari Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Pidie Jaya, maupun wisatawan lokal lainnya.

8. Laut Jangka

Lokasi wisata Pantai Jangka juga tidak kalah indahnya dari lokasi wisata lainnya. Pantai Jangka selama ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan lokal yang berwisata bersama kerabat dan keluarganya.

Di lokasi pantai Jangka ini juga sangat rindang. Terdapat pohon Cemara yang menjulang tinggi dan rindang.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka ini, merasa sangat aman dan nyaman.

Lokasinya tidak jauh dari Keude Matang Geulumpangdua. Hanya berjarak sekitar 8 kilometer arah Utara Lintas Nasional Medan-Banda Aceh

9. Pantai Pangah Gandapura

Lokasi wisata Pantai Pangah, Kecamatan Gandapura ini juga sangat ramai dikunjungi wisata lokal.

Baik dari Kabupaten Bireuen, maupun dari luar Bireuen. Lokasi wisata ini berbatasan langsung dengan Krueng Mane Kabupaten Aceh Utara.

Pantai Wisata Laut Pangah ini berada di ujung timur Kabupaten Bireuen. Jika ingin ke lokasi wisata ini, anda bisa melewati jalan nasional Medan-Banda Aceh, lewat Keude Geurugok dari arah barat dan lewat jembatan Rangka Baja Teupin Siron.

Inilah sembilan lokasi wisata yang ramai dan layak kita kunjungi selama libur Idul Fitri 1443 H.

Jaga keselamatan anda dan keluarga. Selamat menikmati masa liburan bersama kerabat dan keluarga anda.

Editor : Ferizal Hasan

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI