27.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Innalillahi, Abu Piah Pulo Rungkom Meninggal Dunia

BANDA ACEH | ACEH INFOInnalillahi wa inna ilaihi raji’un. Salah satu ulama kharismatik Aceh, Abu Piah Pulo Rungkom dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 19 April 2022 sekitar pukul 19.04 WIB.

Ulama yang berdomisili di Desa Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara Aceh Utara tersebut meninggal dunia usai Maghrib.

Kabar meninggalnya Abu Piah marak beredar di media sosial.

“Insya Allah jenazah almarhum Abu Piah Pulo Rungkom akan dikebumikan malam ini. Semoga Allah SWT menempatkan beliau di sisi Allah SWT,” bunyi pesan yang tersebar di media sosial tersebut.

Abu Piah Pulo Rungkom atau Teungku Hanafiah dikenal sebagai sosok ulama yang tidak pernah memakai sandal (alas kaki) kalau keluar rumah atau dayah. Meskipun almarhum berjalan tanpa alas kaki, tetapi kakinya tetap bersih seperti kaki orang yang memakai sandal.

Selain itu, menurut Nirzalin Armia dalam tulisannya “Teungku Dayah dan Kekuasaan Panoptik” juga menyebutkan kisah karamah Abu Piah yang mampu memecahkan batu-batu besar untuk membuat jalan di Pulo Rungkom. Waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan batu itu hanya satu malam.

“Padahal normalnya kegiatan itu membutuhkan waktu satu minggu hingga 10 hari dengan sepuluh orang tenaga kerja,” tulis Nirzalin Armia dari Prodi Sosiologi FISIP Universitas Malikussaleh Lhokseumawe dalam karya ilmiahnya yang dipublikasi pada April 2014 lalu. Wallahu’alam.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS