25.6 C
Banda Aceh
Saturday, November 27, 2021

Jalin Kerjasama Ekspor Kopi Aceh dengan Turki, Ini Harapan Hj Rizayati

JAKARTA l ACEH INFO – Presiden Direktur PT.Imza Rizky Jaya (IRJ) Group, Dr (Cn) Hj. Rizayati, SH. MM jalin hubungan kerja sama bilateral ekonomi antara Indonesia dan Turki.

Kerja sama yang dibangun pengusaha bergelar Cut Nyak Cahaya Jeumpa itu di bidang promosi dan ekspor Kopi hasil petani Aceh.

Pertemuan di KJRI Istanbul-Turki, Dalam kesempatan itu, H Dicky Prasetyo dari KJRI Turki didampingi Iwan Wijaya Mulyatna dan Mr. Hasan Huseyin Kocaturk tersebut berjalan akrab dan lancar.

Dicky Prasetya dari KJRI di Istanbul-Turki menyampaikan terima kasih kepada Presiden PT IRJ Group Hj. Rizayati dan tim yang telah berupaya menjembatani hubungan kerjasama di bidang ekonomi tersebut.

“Terima kasih atas kunjungannya, saya percaya, negara kita sejak nenek moyang jaman dahulu sudah ada hubungan kerjasama yang baik dalam hal perdagangan dengan negara Turki,” ujar Dicky pada Minggu 29 Agustus 2021

Meskipun sangat mendadak, namun ia berharap momen ini dapat bermanfaat bagi kedua negara antara Indonesia dan Turki,” kata Dicky mengawali pertemuan bilateral dua negara sahabat yang telah menjalin hubungan kerja sama yang baik sejak tahun 1958 itu.

Sementara itu, Hj.Rizayati mengatakan bahwa kerjasama ini khusus di bidang ekspor Kopi, sebagai puteri asal Aceh, akan terus mendukung program kerjasama tersebut.

“Saya asli Aceh, mudah-mudahan kedepan kita bisa menjalin kerjasama yang semakin baik,” kata Rizayati di hadapan pejabat KJRI dan pihak pengusaha lainnya tersebut.

“Teman-teman, saya mempunyai produk baru dari Turki berupa Lampu hasil produksi akademisi Turki,” ujar Rizayati dalam video perjalanan hubungan bilateralnya dengan Turki itu.

Kepada Presiden Direktur PT Imza Rizky Jaya, Hj. Rizayati, Mr. Hasan Husyein Kocaturk juga mengatakan, kerjasama ini tidak hanya kopi tapi juga hasil kelautan yakni cumi-cumi, udang kerupuk.

“Kopi dari Indonesia akan dikirim ke Turki, selanjutnya pengusaha-pengusaha di Turki akan menjadi agen tunggal untuk pendistribusiannya dalam penjualan. Karena barang itu harus dijadikan testle, dia harus digiling, diproses untuk dikonsumsi, Maka kita akan membuat perjanjian antara KJRI Turki dengan PT Imza Rizky Jaya dari Indonesia yang akan mensuplay produk kopi dan lainnya itu,” kata Mr. Hasan Huseyin Kocaturk.

Sementara itu, KJRI Istanbul akan membawa beragam kopi Indonesia pada Coffex Istanbul pada event Festifal sekaligus Expo Kopi yang akan berlangsung Rabu-Sabtu (15-18/9/2021) mendatang.

​”Mitra Istanbul, rindukah dengan kopi Indonesia? Kali ini KJRI Istanbul akan membawa beragam kopi Indonesia pada Coffex Istanbul, 15-18 September 2021,” demikian tulis laman resmi kementerian luar negeri.

Mempersiapkan diri sebagai focus country, “hari ini telah dilaksanakan koordinasi dengan para pelaku usaha yang akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” tulis KJRI Istambun dalam laman berita tersebut.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi oleh Konjen Imam As’ari atas rencana partisipasi pelaku usaha kopi tanah air di pavilion Indonesia pada Coffex Istanbul. Ditambahkan, selain pasar kopi Turki yang terus berkembang, Turki merupakan hub strategis bagi produk Indonesia ke kawasan sekitar.

“Pavilion Indonesia pada Coffex Istanbul akan menghadirkan ragam specialty coffee Indonesia, mulai dari kopi Gayo, kopi Luwak, kopi Java Preanger, kopi Lombok, kopi Bajawa Flores dan ragam kopi Indonesia lainnya.”

“Ayo, datang, kenali dan cicipi ragam kopi Indonesia di Halic Congress Center, Istanbul. Saksikan juga workshop dan seminar informatif seputar dunia kopi seru setiap harinya di gelaran Coffex Istanbul, 15-18 September 2021,” kata Konjen Imam As’ari.

PENULIS : FERIZAL HASAN (JAKARTA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

info terkait

Penyerang Pos Polisi di Aceh Serahkan Diri ke Polisi

BANDA ACEH I ACEH INFO - Setelah melakukan berbagai tahapan yang melibatkan keluarga dan tokoh masyarakat, empat terduga pelaku penembakan Pos Polisi Panton Reu,...
info terkini
info populer
info random