28.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Jalur Mudik di Jawa Mulai Macet Parah

JAKARTA|ACEHINFO-Arus mudik dari Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur mulai macet parah ruas Tol Jakarta Cikampek. Begitu pula dengan jalur mudik menuju pulau Sumatera, dipadati pemudik di Pelabuhan merak.

Macet parah di jalur tol Jakarta-Cikampek karena arus mudik sejak Kamis pagi (28/4). Polisi pun memberlakukan sistem contra flow untuk mencegah kepadatan.

“05.57 Situasi arus lalu lintas terkini dik Tol Jakarta-Cikampek KM 53 menuju arah Cikampek terpantau padat. Saat ini sudah diberlakukan sistem Contraflow,” tulis akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Kamis (28/4).

Gerbang Tol Cikampek Utama juga terjadi kepadatan. Kendaraan antre masuk tol hingga macet sepanjang 3 km.

“Informasinya padat kembali di antrean Gerbang Tol Cikampek Utama dari Km 70 sampai Km 73,” kata petugas call center Jasa Marga, Rina saat dihubungi pukul 06.00 WIB, pagi tadi.

Jasa Marga juga sebelumnya mengungkap titik-titik kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Titik kemacetan pertama ada di Karawang Barat Km 44 hingga Km 49.

Kemacetan itu terputus satu kilometer sebelum akhirnya macet kembali di Karawang Timur Km 50 sampai Km 54. Lalu padat kembali 56 sampai 57 rest area.

Kemacetan berlanjur di ruas Tol Cipali. Pada Tol Cipali, kemacetan ada di beberapa titik menjelang rest area. Macet sudah terjadi sejak malam tadi.

Sementara kemacetan yang terjadi di Merak, dimoninasi kendaraan priabdi dan sepeda motor yang hendak menyeberang ke Sumatera. Para pemudik terjebak kemacetan cukup lama untuk menaiki kapal penyeberangan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Pukul 04.00 lebih kami pihak kepolisian berlakukan sistem buka tutup jalan agar memperlancar lalu lintas ke Pelabuhan Merak. Tentunya kami butuh kerja sama dan pengertian masyarakat karena memang terus mengatur sehingga ada kantong-kantong parkir di Cikuasa Atas,” kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, dilansir dari situs NTMC Polri, Kamis, 28 April 2022.

Pihak kepolisian juga meminta pemudik sabar menunggu giliran masuk ke kapal. Sebab, sistem buka tutup jalan ini diberlakukan dengan jika kantong parkir dermaga mukai kosong.

“Kendaraan yang disekat di Cikuasa Atas akan ditarik menuju pelabuhan secara bergantian,” ujar dia.

Sistem ini dinilai efektif untuk menghindari stagnasi arus lalu lintas di jalur arteri menuju pelabuhan. Dengan adanya sistem buka tutup ini, kendaraan dari arah Sumatera menuju Jakarta dialihkan ke jalur Cikuasa Bawah. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS