26.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Jatah 10 Persen Milik Aceh Utara dari Cadangan Migas Blok B PGE Tak Kunjung Cair

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Jatah Participating Interest (PI) dari eksploitasi cadangan minyak bumi dan gas Blok B sebesar 10% hingga saat ini belum cair. Padahal, PI tersebut begitu penting bagi Aceh Utara sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini mengemuka dalam rapat pembahasan jatah perolehan Participating Interest dari cadangan Migas Blok B yang dipimpin Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah, di Pendopo Bupati, Lhokseumawe, Kamis, 26 Januari 2023 kemarin.

Diketahui, Participating Interest merupakan hak dan kewajiban sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), baik secara langsung maupun tidak langsung, pada suatu wilayah kerja.

Rapat tersebut turut menghadirkan Konsultan dari PT. Migas Utama Jabar (MUJ) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang bergerak dalam bidang Eksplorasi & Produksi Migas.

Dalam rapat yang turut dihadiri Ketua DPRK Aceh Utara, Arafat Ali, dan anggota DPRK Komisi III yang membidangi Migas, turut membahas tentang hak Aceh Utara selaku pemilik Cadangan Migas Blok B yang dikelola oleh PT Pema Global Energi (PGE).

Dalam rapat tersebut, terungkap bahwa menurut ketentuan dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 37 Tahun 2016 dan Kepmen ESDM Nomor 223 Tahun 2022, seharusnya PI ini sudah diterima oleh Pemkab Aceh Utara sejak enam bulan yang lalu. Namun, hingga saat ini Aceh Utara belum menerima apapun dari jatah PI tersebut.

“Saya ingin agar proses ini dapat selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tegas Azwardi.

Pemkab bertekad untuk memperjelas perolehan PI yang nantinya akan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Aceh Utara.

Salah satu upaya tindak lanjut yang akan dilakukan Pemkab Aceh Utara, yaitu rencana akan adanya rapat lanjutan dengan menghadirkan institusi Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) untuk mempercepat proses PI dimaksud.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI