28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Jelajah Hutan Manggrove, JEMPA Unsam Tanam Ratusan Pohon Manggrove

LANGSA | ACEH INFO – Jelajah Mahasiswa Pecinta Alam (JEMPA) Universitas Samudra menyelenggarakan kegiatan Jelajah Hutan Manggrove II, di kawasan Hutan Manggroe Kuala Langsa, Minggu, 5 November 2023.

Kegiatan yang didukung oleh Pemko Langsa, BPMA Aceh, Medco Energi, KPH III Wilayah Aceh, MPC PP Kota Langsa, PT Pekola, Satgas SAR Langsa, dirangkai dengan penanaman 100 batang pohon manggrove.

Penanaman itu dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unsam, Martahadi, Kaprodi Ekonomi Pembangunan Unsam, Safuridar, Kaprodi Akuntansi, Muhammad Salman, Direktur Utama PT Pekola, Muhammad Nur, Ketua MPC Pemuda Pancasila Langsa, Fahmi Young didampingi Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Lingkungan Hidup MPC PP Langsa, Doli Hutajulu.

Ketua Umum JEMPA, Azzahra Nurul Qolbi, mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mengembalikan fungsi kawasan mangrove/hutan bakau yang terus berkurang dan bahkan hilang. Penanaman mangrove ini juga untuk merehabilitasi ekosistem pesisir.

“Mangrove merupakan salah satu ekosistem penting di pesisir,” ujar Azzahra didampingi Ketua Panitia, Dedek Ariani, kepada acehinfo.id.

Jelajah Hutan Manggrove, Jempa Unsam Tanam Ratusan Pohon Manggrove
Workshop ekspedisi jelajah hutan manggrove, pada sabtu, 4 november 2023.

Arra panggilan akrab Azzahra menyampaikan, bahwa mangrove juga dapat mengurangi pencemaran laut. Karenanya, penanaman kembali hutan mangrove harus terus dilaksanakan, sebab selain untuk mengembalikan habitat, mangrove juga berperan dalam melindungi daerah pesisir.

Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk melindungi pesisir kita dari kemungkinan adanya perubahan iklim, sehingga air dari permukaan laut naik atau gelombang besar sehingga bisa ditahan oleh pohon manggrove, ini memang proteksi alam yang diperlukan.

Sebelumnya, kata Arra, JEMPA Unsam juga telah melaksanakan kegiatan Workshop Ekspedisi Jelajah Hutan Manggrove, pada Sabtu, 4 November 2023.

Dalam Workshop itu menghadirkan pemateri dari KEMPRA, Andi Nur Muhammad dan perwakilan KPH III Wilayah Aceh, Dedi.

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah membantu kegiatan ini hingga bisa terlaksana,” tandasnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS