28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Kanwil Kemenkum dan HAM Aceh Berikan Penyuluhan Hukum kepada Aparatur Gampong

LANGSA | ACEH INFO – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh menggelar kegiatan penyuluhan hukum kepada aparatur gampong se Kecamatan Langsa Lama, Senin, 18 Juli 2023.

Kegiatan itu merupakan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kemenkum dan HAM ke-78. Dalam kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber terdiri dari Penyuluh Hukum Ahli Pertama Kantor Wilayah yakni Syauri Rizka dan Hermansyah serta perwakilan salah satu Pemberi Bantuan Hukum (PBH) yang terakreditasi yakni LBH Keadilan Aceh Tamiang diwakili oleh Direktur, Chairul Azmi.

Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh yang diwakili oleh Penyuluh Hukum Ahli Madya, Setiawati, berharap kegiatan ini sebagai wadah informasi adanya tanggung jawab negara terhadap pemberian bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu, sebagai bagian akses keadilan bagi masyarakat.

Apalagi, katanya, kegiatan ini para pesertanya berasal dari unsur aparatur pemerintahan gampong se-kecamatan Langsa Lama yang tentunya dari kegiatan ini dapat menjadi sarana informasi bagi unsur pemerintah gampong.

Sementara itu, Chairul Azmi, menyampaikan, bahwa program bantuan hukum dikhususkan kepada warga kurang mampu, yang menghadapi persoalan hukum.

Sehingga, warga kurang mampu tersebut biaa mendapatkan jasa layanan hukum gratis dari organisasi bantuan hukum yang terakreditasi oleh negara.

Maka demikian diharapkan dapat sebagai jaminan terhadap hak konstitusional setiap orang tanpa terkecuali, perlindungan dari segala bentuk tindakan diskriminatif, untuk mendapatkan pengakuan sebagai warga negara secara utuh, jaminan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum,” tandasnya.

Acara tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Langsa Lama, geuchik dan perangkat gampong se Kecamatan Langsa Lama.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS