28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ketua KPK Optimis Indonesia Bebas dari Korupsi

BANDA ACEH | ACEH INFO Foto– Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri optimistis bangsa Indonesia akan terbebas dari belenggu tindak pidana korupsi.

Hal itu dapat terwujud jika seluruh stakeholder termasuk partai politik (parpol) dapat menerapkan budaya demokrasi yang transparan, akuntabel, dan profesional.

“Tidak ada celah bagi perilaku korupsi dalam budaya demokrasi yang terbuka. Kalau korupsi masih ada, tujuan negara Indonesia tidak akan pernah terwujud,” kata Firli dalam Pembekalan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu untuk Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa (Gabthat), Kamis, 16 Maret 2023, di Auditorium Hotel Hermes, Banda Aceh.

Dalam bahasa Aceh, “Beusaboh” sendiri memiliki makna “Bersatu”. Oleh karenanya, Firli mengajak seluruh kader partai Gabthat untuk memaknainya secara mendalam dengan menjunjung tinggi semangat persatuan antar-sesama tanpa melihat perbedaan demi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh dan Indonesia secara lebih luas.

Selain itu, nama Tha’at dan Taqwa yang lekat pada nama parpol juga harus diimplementasikan di dalam kehidupan dan kebijakan jika kelak para kader terpilih menjadi anggota legislatif, bupati/walikota, atau gubernur.

Ketaatan dan ketaqwaan tersebut, seharusnya dijadikan sebagai komitmen untuk menerapkan politik yang cerdas dan berintegritas dalam menghadapi Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang.

“Jangan sampai nama partai ini hanya kiasan saja tetapi harus dimaknai sama-sama. Jangan sampai bertikai sama partai lain karena perbedaan pendapat. Mari kita wujudkan Indonesia yang damai. Kebenaran tidak akan pernah bersembunyi, tetapi akan muncul dengan jalan dan caranya sendiri,” ajak Firli.

Lanjut Firli, betapa besarnya potensi yang dimiliki bangsa Indonesia. Terletak diantara dua benua dan dua samudra, Indonesia memiliki karunia diisi setidaknya oleh lebih dari 277 juta masyarakat, 1.331 suku, 752 bahasa, dan 17.504 pulau.

Menyuplik lirik lagu “Dari Sabang sampai Merauke”, sejatinya bangsa Indonesia diciptakan untuk saling tolong-menolong dalam berbuat kebaikan. Oleh karenanya, para kader parpol yang kelak terpilih duduk menjadi wakil rakyat haruslah menelurkan kebijakan yang pro rakyat, memberikan rasa nyaman, aman, berkeadilan, demi menjaga semangat persatuan dan kesatuan.

“Lagu ini mengingatkan kita bahwa perjalanan bangsa kita sudah cukup panjang. Kalau kita lihat perjalanan bangsa sejak zaman perjuangan kemerdekaan, kemerdekaan, dan setelah merdeka banyak pahlawan, tokoh pemuda berasal dari Aceh yang berjuang untuk kesejahteraan rakyatnya,” pungkasnya.

Ketua Umum Partai Ghabthat, Tgk. Ahmad Tajuddin menyampaikan apresiasinya kepada KPK, karena telah memberikan sosialisasi bagaimana para kader parpol harus bersikap ketika kelak duduk di kursi perwakilan rakyat. Para kader dituntut untuk menjaga integritas demi mewujudkan keadilan, kemakmuran, dan kejayaan masyarakat Aceh.

Menurutnya, kebanyakan terjadi kehancuran disebabkan ketidakpahaman oleh para tokoh politik. Keberadaan seluruh bupati, walikota, pemimpin itu dari parpol. Kami akan berjuang sekuat mungkin, bekerja sama, bantu-membantu, dengan sistem bergotong royong.” Kami akan menyambut apa yang telah diwariskan kepada kami,” ucapnya.

Namunpun demikan, Ahmad menyampaikan komitmennya untuk menjaga integritas dengan tidak tergiur akan tindak pidana korupsi. Sesuai dengan nama parpol, seluruh kader wajib taat dan taqwa kepada seluruh insan yang ada di bumi mulai dari Tuhan hingga pemerintahan.

“Saya berharap apa yang sudah dicita-citakan para pendiri bangsa, kita akan menjalankannya dengan aman, damai, adil, sejahtera, dan makmur,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Wawan Wardiana, Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi, Amir Arief, Ketua Komite Independen Pemilihan (KIP) Aceh Syamsul Bahri dan Wadirreskrimsus Polda Aceh, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat serta Sekretaris Umum Partai Ghabthat Tgk Bahauddin dan Bendahara Umum Tgk Abdullah.[]

Editor : Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS