28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

KPA Minta Presiden Bangun Replika Museum di Rumoh Geudong

BANDA ACEH | ACEH INFO – Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat meminta Presiden RI, Joko Widodo untuk mengganti pembangunan masjid dengan gedung museum berbentuk replika seperti Rumoh Geudong yang dulu di Gampong Bili Kemukiman Aron, Kecamatan Geulumpang Tiga, Pidie, Jumat, 23 Juni 2023.

Permintaan itu disampaikan kepada Presiden melalui Surat bernomor 16/KPA/VI/2023 itu ditandatangani oleh Wakil Ketua KPA, Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak tertanggal 19 Juni 2023.

Baca juga: Penghancuran Sisa Bangunan Rumoh Geudong Dinilai Lecehkan Korban Pelanggaran HAM

Dalam surat tersebut, selain meminta untuk membangun replika museum berbentuk replika, KPA juga meminta pembangunan komplek pendidikan, TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi Vokasi (Politehnik) serta meminta dana abadi pendidikan Rp 3 triliun untuk anak-anak eks kombatan dan anak korban konflik.

“Dana abadi akan tetap abadi tetapi bunga atau mudharabah (bagi hasil) dana abadi tersebut di tempatkan diperbankan dan bisa membiayai korban kombatan dan korban konflik yang mengalami kesulitan melanjutkan pendidikan,” sebut Abu Razak.

Kemudian, KPA juga mengapresiasi Presiden RI yang telah mengakui pelanggaran HAM Berat di Aceh, seperti peristiwa Rumoh Gedong dan Pos Sattis di Aceh tahun 1998, peristiwa Simpang KKA di Aceh tahun 1999 dan peristiwa Jambo Keupok Aceh 2003.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS