28.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Lahirkan SDM Berkualitas dan Menuju Kampus Unggul IAIN Langsa

LANGSA | ACEH INFO – Sivitas akademika Institut Agama Islam Negeri Langsa diharapkan dapat mewujudkan Good University Governance. Hal ini untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan menuju kampus unggul.

Guna mewujudkan itu sebagai kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa terus berbenah diri. Ini dilakukan untuk mengimbangi animo masyarakat yang semakin tinggi terhadap IAIN setiap tahunnya. Para orang tua masih mempercayai IAIN Langsa untuk mendidik generasi muslim.

Pembinaan pegawai juga terus dilakukan. Bahkan baru-baru ini IAIN Langsa mengundang Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama Republik Indonesia Dr. H. Faisal Ali Hasyim, SE, M.Si, CA, CSEP, untuk memberikan arahan terhadap pegawai IAIN Langsa.

Pria kelahiran Aceh ini menyebutkan, ada tujuh tahapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan capaian tersebut, yaitu Transparan. Transparansi merupakan bentuk keterbukaan yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintah guna memebrikan informasi kepada pihak yang membutuhkan informasi.

Kemudian, akuntabel yaitu pertanggungjawaban atas pengelolaan sumber daya dalam pelaksanaan kebijakan yang mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

“Semuanya harus bisa dipertanggung jawabkan,” katanya, Jumat, 24 November 2023, di Aula Laboratorium Terpadu Kampus setempat.

Selanjutnya diperlukan responsibilty, yaitu tanggung jawab, bagaimana kemampuan seseorang untuk memberikan jawaban atas suatu pekerjaan yang telah dikerjakan.

Sambung Irjen, dalam mewujudkan good university governance dibutukan sikap Independensi, sebagai pimpinan harus independen, hal ini sangat penting dilakukan sehingga sebagai pengelola perguruan tinggi kita bisa terlepas dari konflik kepentingan.

Lebih lanjut pejabat eselon I Kementerian Agama ini menjelaskan, diperlukannya Fairness, yaitu keadilan, tidak ada perlakuan yang berbeda kepada para pegawai.

Selanjutnya, penjaminan mutu dan relevansi, efektifitas dan efesiensi serta nirlaba. Orientasi kita harus non profit, mari kita laksanakan dengan penuh keikhlasan, semoga menjadi ladang ama bagi kita.

Lahirkan SDM Berkualitas dan Menuju Kampus Unggul IAIN Langsa
Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, memberikan cendera mata kepada (Irjen) Kementerian Agama Republik Indonesia Dr H Faisal Ali Hasyim, SE, M.Si, CA, CSEP.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Faisal, perlunya pengawasan internal mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas.

“Pengawasan internal ini harus mampu mencegah potensi terjadinya penyimpangan,”pungkasnya.

Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA menyampaikan terima kasih atas kehadiran Irjen Kemenag Republik Indonesia, mengingat disela – sela kesibukannya Irjen Kemenag dapat meluangkan hadir ke IAIN Langsa.

“Banyak Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri lainnya yang belum dikunjungi oleh bapak Irjen,” ungkap rektor.

Dengan kehadiran Irjen, rektor berharap, IAIN Langsa mendapatkan pencerahan terkait dengan pembinaan pegawai di IAIN Langsa, Sehingga cita – cita IAIN Langsa menjadi kampus unggul dapat tercapai.

Berikan Beasiswa S2 kepada Lulusan dengan IPK Tertinggi

Untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, Institut Agama Islam Negeri Langsa memberikan reward sebagai bentuk penghargaan kepada lulusan yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA memberikan beasiswa kepada lulusan wisuda dengan nilai tertinggi.

Hal tersebut ditegaskan rektor saat memberikan sambutan pada acara wisuda sarjana dan magister yang berlangsung di aula Laboratorium Kampus setempat, Rabu 29 November 2023.

Dihadapan ratusan wisudawan dan wisudawati, rektor mempersilahkan Ayya Surayya, S. Ag dengan IPK 3,89 untuk berdiri dihadapan tamu undangan yang hadir. Pada kesempatan itu rektor menganugerahi beasiswa kepada Ayya Surayya untuk melanjutkan S2 di IAIN Langsa sampai dengan selesai.

“Sebagai wujud komitmen IAIN Langsa dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka saya memberikan beasiswa kepada ananda sampai selasai untuk melanjutkan program S2 di IAIN Langsa,”imbuh rektor.

“Ananda boleh memilih jurusan apa saja, setelah ini dapat menjumpai bapak Direktur Pascasarjana untuk melakukan pendaftaran,”tambahnya.

Rektor menyebutkan, proses wisuda yang dilalui bukanlah menjadi hasil akhir bagi alumni dalam menjalankan kehidupan, namun menjadi lembaran baru untuk meniti dan berkarya dalam kehidupan masyarakat.

Oleh sebab itu rektor memberikan pesan Kepada para alumni agar terus menjaga kejujuran, meningkatkan ingtegritas atau akhlakul karimah dan terus mengasah kualitas diri.

“Jika tiga aspek ini dapat kita laksanakan, maka anak – anak kami nantinya akan memperoleh kesuksesan dunia akhirat,”tukas rektor.

Rektor juga menyampaikan, saat ini IAIN Langsa sedang mempersiapkan diri untuk menuju kampus unggul. Dengan akreditasi unggul maka keberadaan lembaga pendidikan tinggi terus dapat memberikan kontribusi nyata untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas di masa mendatang.

“Insya Allah dalam kurun waktu satu atau dua tahun, capaian unggul dapat kita raih,”pungkas rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. Yusaini, M. Pd menyebutkan, jumlah mahasiswa yang diwisuda pada tahap II tahun 2023 berjumlah 529 alumni, dengan rincian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 157 orang, Fakultas Syariah sebanyak 92 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah sebanyak 67 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 157 orang dan Magister sebanyak 56 orang.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI