30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Layanan BSI Kena Serangan Siber, Nasabah Harus Gimana?

JAKARTA | ACEH INFO – Layanan perbankan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau (BSI) masih eror atau mengalami gangguan beberapa hari ini. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan penyebabnya adalah adanya serangan ke sistem bank.

Pengamat Perbankan Paul Sutaryono mengatakan nasabah BSI yang terdampak gangguan mengalami kerugian karena tidak bisa melakukan transaksi sebagaimana mestinya.

“Nasabah pasti merugi berupa kesempatan yang hilang (opportunity loss). Mengapa? Karena transaksi tidak dapat dilakukan pada saat yang sudah direncanakan,” kata Paul, dilansir dari detikcom, Rabu, 10 Mei 2023.

Meski begitu, nasabah dinilai tidak perlu takut akan kehilangan uang mereka karena sudah semestinya semua transaksi ada catatannya.

“Hal itu menjadi pelajaran berharga (lesson learned) bagi bank apa saja untuk terus meningkatkan upaya mitigasi risiko terutama risiko teknologi. Apalagi kini di era perbankan berbasis digital,” ujar Paul.

Terganggunya aplikasi dan ATM dinilai merupakan risiko teknologi. Jika hal itu disebabkan oleh perubahan sistem, bank diminta wajib memberitahukan terlebih dahulu kepada nasabahnya.

“Dengan demikian potensi risiko yang dihadapi oleh nasabah dapat ditekan serendah mungkin. Artinya, nasabah dapat melakukan transaksi di loket kantor cabang terdekat,” tutur Paul.

Jika gangguan itu dari serangan virus, bank diminta untuk segera dapat mengatasinya.

Sebelumnya, Erick mengatakan BSI sedang melakukan transisi perbaikan sistem IT. Di sisi lain, ada juga serangan sehingga sistem down hingga hampir satu hari.

“Laporannya seperti itu, tapi kan kembali lebih baik kita cek. Jangan sampai dibilang serangan, tetapi kemarin saya sudah cek dengan tim kami memang ada serangan seperti itu,” ujarnya dalam keterangannya.

Erick mengatakan BSI harus memperkuat sistem IT di internal mereka. Dia menyebut beberapa hari lalu telah bertemu dengan Direktur Utama BSI dan berdiskusi membahas sistem IT bank.

“Beliau yang membawa isu, eh tiba-tiba terjadi, ya memang sudah jalannya,” imbuhnya.[]

Editor : Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS