27.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Masjid Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Siapkan 400 Paket Buka Puasa Setiap Hari

BANDA ACEH | ACEH INFO – Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan 400 paket menu takjil berbuka puasa dan makan malam setiap hari yang akan berlangsung selama bulan Ramadhan.

Masjid Fathun Qarib Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan makanan untuk berbuka puasa atau takjil pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah. Jamaah mesjid tersebut bisa mendapatkan takjil secara gratis.

“Pada tahun ini, kami mendapat bantuan dari Uni Emirat Arab sebanyak 400 paket makanan untuk berbuka puasa,” ungkap Ketua BKM Fathun Qarib Tgk Saifuddin A Rasyid.

Ditambahkannya dengan program ini Masjid Fathun Qarib dapat melayani total 11.600 jamaah buka puasa sepanjang ramadhan ini.

Menurut Saifuddin, untuk pembagian takjil itu pihaknya telah menyiapkan dua lokasi di lingkungan mesjid Fathun Qarib khusus untuk laki-laki dan perempuan bagi para jemaah terutama dari kalangan mahasiswa, kegiatan buka puasa ini merupakan bagian dari kegiatan ramadhan di kampus Ar-Raniry yang bertajuk Ar-Raniry Ramadhan Fair (ARF) 1445 H.

Kegiatan lainnya tarhib Ramadhan, pawai Ramadhan, daurah Al-Qur’an, kajian ngabuburit, tarawih berjamaah, kultum Dzuhur, kajian an-Nisa’, kajian Subuh, nuzulul Qur’an, i’tikaf, dan qiyamul lail serta sahur bersama.

“Mari bersama-sama mengikuti program Ramadhan di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, momentum kesucian diri, harmoni unggul bersama,” ajak Tgk Saifuddin.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman menyatakan dukungannya terhadap berbagai program yang dirangkai dalam Ar-Raniry Ramadhan Fair (ARF) 1445 H, yang diadakan oleh Masjid Fathun Qarib selama bulan Ramadhan.

“Kegiatan seperti Ar-Raniry Ramadhan Fair menunjukkan komitmen bersama kita dalam menguatkan nilai-nilai keagamaan, kebersamaan, dan kepedulian sosial di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” ujar Prof Mujiburrahman di sela-sela kegiatan buka puasa bersama, Selasa (12/3/2024).

Prof Mujib menambahkan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai sarana ibadah dan peningkatan iman bagi umat Islam selama bulan suci, namun juga sebagai wadah untuk membangun rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar mahasiswa, dosen, staf, dan masyarakat sekitar.

“Saya berharap kegiatan positif ini dapat terus berlanjut dan berkembang setiap tahunnya, tidak hanya selama bulan Ramadhan tetapi juga pada kesempatan lain, untuk memperkuat identitas kampus kita sebagai institusi pendidikan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan keislaman,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Mujib juga mengajak semua civitas akademika dan masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang diselenggarakan.

“Ini merupakan kesempatan baik bagi kita semua untuk berkontribusi, baik secara fisik maupun spiritual, dalam menciptakan lingkungan kampus yang kondusif dan membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul,” ungkapnya.

Terakhir, Rektor mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. “Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk kepada donatur dari Pemerintah Uni Emirat Arab, yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan dengan pahala yang berlipat ganda,” tutupnya. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS