27.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Massa Elemen Sipil Geruduk Kantor Bea Cukai Langsa, Ini Tuntutannya

LANGSA | ACEH INFO – Puluhan massa yang tergabung dalam elemen sipil melakukan unjuk rasa di Kantor Bea Cukai (BC) Langsa meminta untuk transparan menindak dan membongkar soal dugaan sindikat, mafia atau pemasok rokok ilegal yang sudah meresahkan masyarakat.

Elemen sipil yang melakukan aksi itu, Aliansi Rakyat Merdeka (Alarm), LSM Gadjah Puteh, Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI), Koalisi Masyarakat Pancasila Anti Korupsi (KAMPAK) dan LSM Gerakan Pemuda Rencong Anti Korupsi (GEPRAK).

Pantauan wartanusa.id, massa bergerak sekira pukul 11.15 WIB menuju BC Langsa sambil berjalan kaki dari DPRK Langsa. Karena, sebelumnya massa mendatangi DPRK Langsa meminta untuk menegakkan keadilan dalam rekrutmen KIP Langsa.

Sesampainya di Kantor Bea Cukai Langsa massa membakar ban sekaligus bergantian berorasi menyampaikan tuntutan.

Pada kesempatan itu, peserta demo, Said Zahirsyah, aksi ini menindaklanjuti atas keresahan masyarakat, dimana selama ini belum ada tersangka dalam kasus penangkapan barang ilegal di Kota Langsa yang dilakukan Bea Cukai.

Menurutnya, kasus hanya dilakukan layaknya tangkap lepas oleh oknum BC Langsa tanpa sampai proses pengadilan. Seprti rokok ilegal saat ini belum ada tersangka, namun rokoknya ditahan dan bebas dijual di pasar, terkesan ada kongkalikong dengan mafia rokok.

“Semua data itu sudah kita kantongi, ini pembodohoan kepada masyarakat, kami pastikan akan mempraperadilan atas kasus ini,” sebutnya.

“Bersama massa lainnya kami akan menunggu pihak BC Langsa untuk menjelaskan kepada masyarakat dan rekan-rekan media untuk dipublikasikan, bukan hanya tiga orang perwakilan untuk audiensi, karna kami tahu persis kepala BC Langsa ada di dalam dan kami akan menunggu mereka keluar,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak BC Langsa baik kepala maupun perwakilan belum ada yang menemui massa aksi.

Sampai berita ini ditayangkan, Massa aksi masih menunggu di lokasi aksi untuk dilanjutkan setelah istirahat, solat dan makan siang.

Koordinator aksi, T. Fadli membacakan petisi elemen sipil menggugat yakni :

  1. Meminta agar bukti-bukti yang ada untuk ditingkat status hukumnya hingga ke pengadilan agar memberikan efek jera bagi para pelaku dan negara tidak terus
    dirugikan.

  2. Mendesak Dirjen Bea Cukai agar mencopot pejabat Bea Cukai Kota Langsa yang nakal yang selama ini bermain kotor yang berakibat merugikan negara miliaran
    rupiah.

  3. Memberikan sanksi Administratif dan sanksi Pidana Terhadap oknum-oknum pejabat Bea Cukai kota Langsa yang terlibat.

  4. Meminta agar Bea Cukai Kota Langsa agar lebih transparan dalam bekerja.

  5. Jika Petisi kami tidak di indahkan dalam waktu 3 x 24 jam, maka kami akan turun
    dalam eskalasi massa yang lebih besar.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS