28.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Masuk Musim Kemarau, Suhu Udara di Aceh Capai 36,2 Derajat Celsius

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis laporan, suhu udara di Provinsi Aceh mencapai 36,2 derajat Celsius. Meningkatnya suhu udara tersebut diakibatkan karena sudah memasuki musim kemarau.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria mengatakan, pada Selasa, 24 Mei 2022, tercatat suhu udara di Aceh mencapai 36,2 derajat Celsius. Menurutnya hal tersebut masih tergolong normal.

“Kemarin (Selasa, 24 Mei 2022) kami mencatat kalau suhu udaranya mencapai 36,2 derajat Celsius. Suhu udara ini masih tergolong normal dan tidak termasuk ekstrem,” ujar Zakaria, Rabu, 25 Mei 2022.

Zakaria menambahkan, meningkatnya suhu udara di Provinsi Aceh, disebabkan karena sudah memasuki musim kemarau dan curah hujan yang sangat kecil berpotensi terjadi, sehingga terasa panas.

Berdasarkan hasil amatan suhu udara dapat naik mencapai 37 derajat celsius pada Agustus 2022 mendatang. Hal tersebut disebabkan karena wilayah Aceh sudah memasuki puncak kemarau.

“Berdasarkan hasil amatan kami, maka di bulan Agustus 2022 nanti suhu udaranya mencapai 37 derajat Celsius,” tutur Zakaria.

Zakaria mengimbau masyarakat agar mewaspadai terjadinya kebakaran permukin akibat cuaca yang panas. Dia juga mengimbau jika warga membakar sampah atau menyalakan api lainnya, maka harus memastikan benar-benar padam.

“Begitu juga jangan membuka lahan dengan metode membakar, bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” kata Zakaria.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS