27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Mendagri Minta Bustami Jalankan Roda Pemerintahan dengan Baik

JAKARTA | ACEH INFO – Bustami dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh oleh Menteri Dalam Negeri, Prof H Muhammad Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu 13 Maret 2024, sore

Bustami menjabat sebagai Pj Gubernur Aceh menggantikan Achamd Marzuki. Proses pelantikan diawali pengucapan sumpah jabatan, penandatanganan pakta integritas, pemasangan tanda pangkat, lencana, dan penyerahan SK Presiden RI.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pelantikan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Aceh serta pengukuhan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi Aceh oleh Ketua Umum Ny Tri Tito Karnavian.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan, bahwa adanya penjabat bukan karena keinginan pemerintah, tetapi amanah Undang-Undang Nmor: 10 tahun 2016 tentang Pemiliham Kepala Daerah, yang mengamanatkan untuk dilakukan Pilkada serentak seluruh Indonesia.

Pilkada serentak dilakukan untuk menghindari ketidak harmonisan sistem pemerintahan di negara ini, karena masa jabatan Presiden/Wakil Presiden, Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota serta DPR semua tingkatan tidak ada keserempakan masa jabatan.

Hal itu mengakibatkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tingkat nasional tidak pararel dengan RPJM tingkat provinisi.

Mendagri menegaskan, bahwa
Pergantian ini adalah keputusan Presiden dan Presiden langsung yang memilih Bustami sebagai Pj Gubernur Aceh menggantikan Achmad Marzuki.

Ia berpesan kepada, Pj Gubenur Aceh yang baru harus memastikan semua roda pemerintahan berjalan baik. Seperti saat ini dalam bulan suci Ramdan dan tidak lama lagi akan ada arus mudik dan balik lebaran.

Selanjutnya, inflasi harus diwaspadai memjelang hari raya Idul Fitri, sehingga banyak tantangan yang akan dihadapi. Maka dari itu, harus banyak koordinasi ke Pemerintah Pusat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Achmad Marzuki atas kerja keras yang dilakukan selama ini dan komunikasi yang sangat baik dengan Pemerintah Pusat. Kepada Pak Bustami dan Ibu selamat bertugas, semoga amanah dan kepercayaan ini dapat dikerjakan dengan baik,” pungkasnya.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS