29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Menhub: Jangan Mudik Pakai Motor

JAKARTA|ACEHINFO-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. Karena selain melelahkan, juga berbahaya.

“Satu hal yang harus kita perhatikan bahwa perjalanan darat ini melelahkan, apalagi menggunakan motor. Oleh karenanya seyogianya kalau mudik jangan pakai motor,” katanya kepada wartawan.

solusinya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan program mudik gratis melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Selain itu, ada juga perusahaan BUMN seperti Jasa Raharja atau pihak lain yang ikut menyediakan kuota mudik gratis tahun ini bisa dimanfaatkan.

Masyarakat bisa mendaftar dan tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi saat menuju kampung halaman terutama di pulau Jawa.

“Ada tiga hal yang terus kami siapkan. Satu busnya cukup banyak, kedua supir dan kendaraan sehat, ketiga bus gratis dan angkutan gratis untuk motor-motor masyarakat,” sebutnya.

Budi mengatakan, angkutan gratis untuk kendaraan roda dua tidak hanya disediakan bagi penumpang bus umum saja. Melainkan juga bagi penumpang kereta api dan angkutan laut.

“Kita mencarikan jalan yang paling baik agar mudiknya aman, nyaman, dan sehat itu berjalan dengan baik,” kata dia.

Dia juga menyarankan sebaiknya masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 lebih awal antara 25 hinga 27 April 2022, guna menghindari risiko kemacetan lalu lintas. Ini untuk meminimalisir kemacetan saat puncak arus mudik lebaran yang diprediksi pada 28 dan 29 April mendatang.

“Hari-hari itu adalah puncak mudik, dan dikhawatirkan walaupun kita melakukan rekayasa lalu lintas, itu tetap sangat mengkhawatirkan,” ujarnya.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI