26.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Menteri Desa PDTT Resmikan Bukit Cinta Jadi Kawasan Wisata

BIREUEN | ACEH INFO – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), A Halim Iskandar, meresmikan Bukit Cinta Santewan Indah (BCSI) menjadi icon Desa Wisata Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang, Bireuen.

Peresmian itu ditandai dengan penandatangan prasasti dan peletakan batu pertama pembangunan objek wisata, Jumat, 4 Agustus 2023.

Menteri Halim Iskandar mengaku takjub dengan keasrian alam destinasi wisata Bukit Cinta Santewan Indah.

Objek wisata ini menawarkan pesona alam yang begitu indah. Jika dikemas dengan apik tentunya miliki nilai ekonomis tinggi. Potensi ini tidak hanya memakmurkan Gampong Geulanggang Gampong, tetapi juga dapat memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bireuen.

Kata Halim, dalam pengembangan desa wisata ini ke depan, harus mengedepankan konsep pelestarian alam. Kalau kelestarian alam dirawat dan dijaga, maka keindahan objek wisata ini tidak akan pudar dimakan waktu.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk mendukung pembangunan destinasi wisata ini sehingga memberikan nilai lebih bagi pemasukan daerah dalam rangka meningkat kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, dalam membangun desa wisata ini juga butuh koordinasi antar lembaga, termasuk Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengapresiasi kekompakan masyarakat setempat dalam membangun destinasi wisata Bukit Cinta Santewan Indah.

“Bireuen juga punya dua figur yang handal dalam membangun daerah, yakni Aulia Sofyan selaku Pj Bupati dan H Ruslan M Daud yang duduk di DPR-RI. Dengan modal tersebut, Insya Allah pembangunan objek wisata ini segera terwujud sebagaimana yang kita rencankan,” kata Halim.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR-RI H Ruslan M Daud atau yang akrab disapa HRD, memaparkan kondisi kawasan tersebut sebelum diubah menjadi destinasi wisata yang menakjubkan, sebelumnya Dulunya kawasan ini sangat menyeramkan, bekas lokasi peternakan babi yang dipenuhi semak belukar.

Politisi PKB ini menjelaskan, sebelumnya dia tidak pernah menginjakkan kaki di kawasan itu karena sangat menakutkan. “Meski saya mantan GAM, sebelumnya saya tidak berani datang ke sini, termasuk saat menjabat Bupati Bireuen,” akuinya.

Namun, setelah ia didatangi para perangkat gampong untuk meninjau lokasi itu. Dan, ternyata memang layak dijadikan objek wisata, maka ia menyampaikan aspirasi masyarakat Cureh ini ke Menteri Halim Iskandar.

Ketika berjumpa dengan Menteri Halim , dirinya ikut memperlihatkan foto-foto kawasan Bukit Cinta Santewan Indah. “Saat itu Gus Menteri bilang pengembangan objek wisata ini bukan makanannya, karena butuh biaya puluhan miliar rupiah,” ujarnya.

Selanjutnya, HRD berkoordinasi dengan Dirjen dan kembali meyakinkan Menteri Desa PDTT, sehingga merestui program pengembangan Bukit Cinta Santewan Indah sebagai icon Desa Wisata Gelanggang Gampong.

“Setelah mendapat dukungan dari Menteri Halim, saya menerjunkan sejumlah alat berat ke sini dan dikerjakan dengan sistim gotong royong. Alhamdulillah, sekarang sudah kita garap lahan seluas 11 hektar untuk objek wisata ini, dengan menghabiskan biaya sekitar Rp200 juta,” pungkas HRD.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI