26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Minimalisir Angka Stunting, Pemkab Aceh Utara Teken MoU dengan Poltekkes Aceh

LHOKSUKON | ACEH INFO – Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya meminimalisir angka stunting, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menjalin kerja sama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Aceh.

Kerja sama itu dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara manajemen Poltekkes Kemenkes Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Utara, Senin, 4 September 2023, malam.

Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, mengajak akademisi dari Poltekkes Aceh untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam menangani persoalan stunting.

Dalam hal ini kedua pihak bersepakat saling menunjang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, sesuai dengan kewenangan masing-masing.

“Poltekkes Kemenkes Aceh sebagai salah satu institusi perguruan tinggi kesehatan tentu saja sangat dibutuhkan sumbangsihnya dalam pembangunan kesehatan di Aceh Utara, lebih-lebih lagi dalam meminimalisir angka stunting yang menjadi atensi pemerintah saat ini,” kata Mahyuzar.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh Abdurrahman, kegiatan yang dapat dilakukan di antaranya pendampingan stunting, KKL Terpadu, pemanfaatan lulusan Poltekkes Aceh, magang kerja, praktik klinik, pengabdian masyarakat dalam bentuk upaya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.

Misalnya saat ini di Aceh Utara sebagai salah satu lokus stunting, kita Poltekkes diminta oleh Menteri Kesehatan untuk turut serta dalam penanganan stunting.

“Mungkin kita punya mahasiswa mahasiswa dari jurusan gizi untuk ditempatkan di lokasi stunting. Kita diberikan anggaran oleh Kementerian Kesehatan untuk program dan kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Abdurrahman mengharapkan semoga MoU ini memberikan manfaat dan dampak positif khususnya kepada mahasiswa Poltekkes, juga bagi Pemkab Aceh Utara.

“Kerjasama ini semoga dapat berjalan dengan baik, saling bersinergi dan saling dukung dalam pelaksanaan kegiatan yang akan disepakati kemudian,” harapnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini turut dihadiri oleh Sekda Murtala, Asisten I Setdakab Dayan Albar, Kepala Dinas Kesehatan Amir Syarifudin, Direktur RSUD Cut Meutia Baihaqi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat PP dan KB Fakhruradhi, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jamaluddin.

Sementara dari Poltekkes Kemenkes Aceh ikut hadir Wakil Direktur III T Safriyadi, Staf Pengajar Ibrahim Abubakar, Ketua Prodi Keperawatan di Aceh Utara Anda Syahputra, Ketua Prodi Kebidanan Aceh Utara Rayana Iswani, serta didampingi sejumlah dosen dan unsur manajemen Poltekkes Kemenkes Aceh.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI