26.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Muazzinah Yacob Pimpin IAPA Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN) FISIP UIN Ar-Raniry, Muzzinah Yacob BA MPA dikukuhkan sebagai Ketua Ketua Indonesian Association for Public Administration (IAPA) Aceh periode 2023-2026, Senin, 20 Februari 2023 di Aula Biro Rektor UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Pengukuhan dilakukan Ketua IAPA Pusat Prof Dr Agus Pramusinto MDA yang juga ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dalam sambutannya saat penguhan itu Agus menegaskan, IAPA Pusat siap mendukung IAPA Aceh dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan administrasi negara.

Beberapa program yang siap didampingi oleh IAPA Pusat, misalnya, pendampingan akreditasi program studi, pendampingan penulisan artikel untuk jurnal-jurnal internasional bereputasi, termasuk pelatihan metodologi penelitian dan pendampingan penulisan disertasi yang memenuhi standar kualifikasi program doktoral.

Selain itu IAPA pusat juga mendukung implementasi dan pendampingan kampus di Indonesia untuk mencapai standar MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), serta mendukung terlaksananya kerjasama dan seminar-seminar internasional dengan sejumlah mitra dari berbagai negara.

Di ASEAN, IAPA mempunyai mitra di Philipina, Malaysia dan sejumlah negara lainnya. IAPA juga berkerjasama dengan mitra-mitra dari Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Belanda, Norwegia, Selandia Baru, Australia, dan Amerika Serikat.

“Mudah-mudahan kedepan kita bisa saling bekerjasama untuk mengembangkan ilmu adminitrasi negara,” harap Agus.

Sementara itu, Ketua IAPA Aceh, Muazzinah Yacob BA MPA mengatakan, IAPA berada di bawah naungan beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi Ilmu Administrasi Negara/ Publik di Aceh.

Perguruan Tinggi tersebut, yaitu FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh, FISIP Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, FISIP Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen, dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Nasional Lhokseumawe, dan STISIP Al-Wasliyah.

Pengurus IAPA yang dilantik terdiri dari Sekretaris Safrida SSos MAP dari UTU, Wakil Sekretaris Zaki Fuad Khalil SIP MSi (UIN Ar-Raniry), Bendahara Dr Nur Hafni SSos MPA (Unimal), dan Wakil Bendahara Siti Nurzalikha (UIN Ar-Raniry).

Pengurus IAPA Aceh juga didukung oleh dua bidang, yakni Wakil Ketua I Bidang Pengembangan Wilayah, Kerjasama, dan Jaringan Adri Patria SIP MA CHRTDS (Umuslim) dan Wakil Ketua II Bidang Pengembangan Ilmu, Riset,  dan Inovasi, Dr Cut Sukmawati SE MSi Unimal).

Ketua Panitia Pengukuhan IAPA Aceh, Dr S Amirulkamal MSi MM mengatakan, pengukuhan tersebut terlaksana sesuai SK Ketua IAPA Pusat Nomor SK.003/KA-IAPA/I/2023 tentang Pengangkatan DPD IAPA Periode 2023-2006.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Dr Muji Mulia MAg yang hadir dalam pengukuhan tersebut berharap IAPA dapat berkontribusi dalam meningkatkan sumberdaya manusia, pelayanan administrasi dan pemerintahan di Aceh.

“IAPA, mulai dari pusat hingga daerah mempunyai sumberdaya dan keilmuan yang cukup untuk berkontribusi mendukung pembangunan nasional dan daerah,” tutur Muji.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS