27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Mudik atau Balik Jangan Sampai Microsleep

ANGKA kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik lebaran tiap tahunnya meningkat pesat. Salah satu penyebabnya karena pengemudi mengantuk, sehingga tak mampu mengendalikan kendaraannya.

Para ahli meneliti berbagai penyebab kantuk yang datang tiba-tiba saat mengemudi dalam perjalan jauh. Salah satunya disebut microsleep, yaitu keadaan tidur mendadak, saat seseorang sedang beraktivitas selama beberapa detik.

Ketika masuk ke fase microsleep, pengemudi dipastikan kehilangan konsentrasi dan respons mengemudi. Ketidakmampuan sopir mempertahankan posisi mobil tetap di jalur atau telat menginjak rem itu dapat menimbulkan kecelakaan maut.

Ada beberapa gejala-gejala menuju microsleep yang harus diditeksi dini, agar saat berkendara anda tidak mengalaminya. Pertama, sang sopir harus memperhatikan respons tubuhnya.

Misalnya sudah tak fokus lagi mengendalikan mobil sesuai jalurnya, pengemudi sebaiknya berhenti dan beristirahat. Sebab bisa saja microsleep tiba-tiba datang dan menimbulkan hal yang tak diinginkan.

selain memperhatikan respons tubuh, sang sopir yang menguap terlalu sering, juga menjadi tanda-tanda bahwa dia mungkin akan segera terserang microsleep.

Jika gejala tersebut sudah terasa, kemungkinan daya refleks bakal menurun dan koordinasi antar anggota tubuh terganggu.Bila sudah begitu, Anda bisa sulit mengantisipasi potensi masalah yang terjadi di depan mata.

yang perlu dilakukan oleh para pengendara adalah meningkatkan kewaspadaan saat memasuki jam kritis atau ketika mengemudi sudah lebih dari dua jam. Segera berhenti bila sudah lewat periode itu.

Jika ingin tetap melanjutkan perjalanan, disarankan sopir pengganti mengambil alih. Bila merasa sudah sangat lelah sementara tidak ada sopir pengganti, jalan terbaik satu-satunya menepi dan cari tempat beristirahat yang aman lalu tidur.

Agar terhindar dari microsleep, pemudik dianjurkan lebih disiplin mengatur ritme mengemudi. Cara paling utamanya menerapkan strategi pola istirahat sebelum mengemudi.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS