28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Nawir Percayakan Persalinan Istri kepada Program JKN

LANGSA | ACEH INFO – Layanan persalinan caesar ditanggung menyeluruh oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Layanan ini meliputi tindakan proses melahirkan, opname pasca melahirkan hingga pasien benar-benar dinyatakan pulih.

Salah seorang peserta JKN Munawir (36), mengungkapkan program JKN sangat membantunya dalam menjalani persalinan caesar anak pertama. Ia merasakan beban yang ditanggung terasa lebih ringan karena seluruh biaya pelayanan kesehatan dijamin penuh oleh lrogram JKN.

“Istri saya disarankan oleh dokter untuk melahirkan secara caesar karena memiliki kondisi medis yang tidak memungkinkannya untuk melahirkan secara normal,” sebut Minawie, Selasa, 28 Maret 2023.

Ia mengakui, menjadi peserta JKN sangat membantu ia sebagai kepala keluarga sebab saat dokter menyatakan istri saya harus melakukan operasi caesar dan saat itu langsung terfikir soal biaya persalinan.

“Ini menjadi salah satu kenangan yang tidak akan terlupakan bagi saya, selain keselamatan istri dan bayi yang saya fikirkan saat itu, ada program JKN sebagai penjamin biaya berobat keluarganya,” akui Munawir.

Kata Munawir, semua dijamin penuh dari tindakan, obat dan tentunya sampai sembuh selama mengikuti alur layanan yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.

Pelayanan yang diterima istrinya sangat baik. Bahkan dirinya tidak menyangka akan disamaratakan dengan pelayanan pasien umum, mulai dari perawatan dan tindakan.

“Saya betul-betul tidak merasakan perbedaan pelayanan di rumah sakit, selama menjalani perawatan dan persalinan, para perawat dan dokter melayani dengan sangat ramah dan bersahabat. Paling yang membedakan hanya ruang rawat antara peserta JKN karena hal itu memang tergantung hak kelasnya,” ucapnya.

Selain itu, ia juga diberitahu petugas rumah sakit untuk segera mengurus Nomor Induk Kependudukan (NIK) bayi, karena datanya harus segera diupdate paling lambat tiga bulan. Bahkan para peserta yang dirawat inap juga diedukasi untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

Hal ini membuat setiap peserta merasa diberikan perhatian lebih karena aplikasi tersebut sangat mempermudah mendapatkan layanan dikemudian hari.

Menurutnya, kehadiran program JKN ini telah membantu banyak masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa khawatir soal biaya. Pada saat ini, program JKN dijadikan pegangan oleh masyarakat ketika sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Ia berharap rasa aman memiliki program JKN dapat dirasakan juga secara merata oleh masyarakat lain ketika mengakses layanan kesehatan dan untuk BPJS Kesehatan ke depannya dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta program JKN.

“Mari daftarkan segera kepala keluarga, istri dan anak atau bayi yang baru lahir ke dalam program JKN. Sakit bisa datang kapan saja serta biaya maupun kondisi keuangan belum tentu cukup untuk membiayai pengobatan, jangan sampai menunggu sakit baru mendaftarkan seluruh anggota keluarga,” ajaknya.

“Terima kasih kepada pemerintah yang terus mengupayakan keberlanjutan program JKN ini, semoga terus dapat melayani seluruh pesertanya dengan baik dan berkualitas,” pungkas Nawir.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS