27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Nelayan di Lhokseumawe Ikut Latihan SAR, Ini Tujuannya 

LHOKSEUMAWE I ACEH INFO – Puluhan nelayan di Lhokseumawe mengikuti pelatihan SAR (Search And Rescue) yang digelar Yayasan Geutanyo Polisi Airud Polres Lhokseumawe, Selasa 24 Mei 2022.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto SIK MH melalui Kasat Pol Airud, AKP Ibnu Sa’dan mengatakan, pengetahuan dasar keselamatan di laut merupakan hal mendasar yang harus dimiliki para nelayan.

“Hal ini mengingat tingkat kecelakaan yang terjadi di Indonesia didominasi pada sektor laut,” katanya kepada Acehinfo.id, Rabu (25/5/2022).

Menurut Ibnu Sa’dan, pelatihan tersebut sangat penting bagi para nelayan untuk mengetahui teknik penyelamatan mengingat keseharian nelayan yang melakukan aktivitas di laut.

“Pelatihan ini sangat penting bagi para nelayan, tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan keselamatan di laut,” sebutnya.

Dikatakan Ibnu Sa’dan, profesi nelayan ini harus dibekali dengan dasar-dasar keselamatan, minimal dapat mengukur potensi bahaya di permukaan laut serta teknik penyelamatan diri.

“Setidaknya nelayan mampu menjaga diri saat melaut,” terang Kasat Pol Airud.

Selain itu, pada kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi bersama tentang pelaksanaan SAR nantinya.

Kemudian penandatanganan bersama atas kesepakatan pelatihan antar Panglima Laot kota dan Yayasan Geutanyo.

Ibnu berharap dengan pelatihan tersebut nelayan dapat menerapkan pada aktivitas kesehariannya di laut untuk meminimalisir kecelakaan yang membahayakan.

“Dengan pelatihan tersebut dapat menambah pengetahuan para nelayan di Kota Lhokseumawe khususnya, terkait pertolongan pertama saat terjadi laka laut,” pungkasnya.

 

spot_img
Kontributor :Maulidi Alfata

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS