28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pantarlih se-Aceh Lakukan Coklit Data Pemilih, KIP Harap tidak ada Kendala Teknis

BANDA ACEH | ACEH INFO – Sebanyak 15.922 petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih) se-Aceh mulai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di masing-masing daerah.

Ketua Divisi Data dan Informasi (Datin) KIP Aceh, Agusni AH, kepada acehinfo.id, Senin, 13 Februari 2023, menyampaikan petugas Pantarlih tersebut mulai bekerja sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Mantan Ketua KIP Kota Langsa ini menjelaskan, sistem dan tatacara kerja petugas Pantarlih dengan dua metode yakni secara manual dan e-coklit (menggunakan aplikasi).

Hal ini untuk menghindari manakala adanya kendala jaringan lewat sistem e-coklit maka bisa dilakukan langsung secara manual.

Kemudian, hasil coklit pemilih yang dilakukan Pantarlih akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara berjenjang mulai ditingkat PPS, PPK, KIP kabupaten/kota, KIP Provinsi Aceh dan KPU RI.

“Saat ini semua Pantarlih sudah dilantik dan siap turun ke lapangan. Kita berharap tak ada kendala teknis di lapangan dalam melakukan pemutakhiran pemilih,” harap Agusni.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS